Kunker, Susi Pudjiastuti Sebut Masyarakat Tobasa harus Tentukan Sumber Hidup  

Menteri Perikanan dan Kelautan, Susi Pudjiastuti saat berkunjung ke lokasi Pantai Pasir Putih, Desa Parparean, Kecamatan Porsea.

Tobasa, Lintangnews.com | Kementrian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia melakukan kunjungan kerja (kunker) di Provinsi Sumatera Utara Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), tepatnya di Pantai Pasir Putih, Desa Parparean, Kecamatan Porsea, Minggu (15/9/2019).

Menteri Perikanan dan Kelautan, Susi Pudjiastuti meminta agar masyarakat di kawasan Danau Toba dapat menentukan dan fokuskan ke arah mana dengan jelas tentang sumber hidupnya.

“Apakah dari perikanan alam, budidaya perikanan maupun turis. Apabila ketiganya, harus diatur dengan jelas dan betul, jika tidak ingin mengalami kegagalan,” terang Susi.

Perlu diketahui, Danau Toba akan rusak kualitas airnya, akibat nitrogen sulfida yang ditimbulkan dari sisa pakan ikan Keramba Jaring Apung (KJA). Sisa pakan akan menghasilkan lumpur di Danau Toba yang bisa meledak dan menjadi racun untuk ikan.

“Alih-alih untung dari KJA, malah buntung, sebab ikan mati. Kendati demikian, masyarakat dan korporasi jangan dibedakan agar tidak ada kecemburuan. Fokuskan dengan jelas dalam pengurangan KJA di Danau Toba, khususnya Kabupaten Tobasa,” papar Susi.

Lanjutnya, pengaturan ada di tangan pemerintah daerah sekitaran Perairan Danau Toba terkait masalah kualitas air di danau. Namun diperlukan disiplin dalam sinergitas untuk tidak membuang sampah dan limbah ke Danau Toba. (asri)