Lampu Jalan Kota Negeri Lama Bilah Hilir Diketahui Banyak Tidak Berfungsi 

Kondisi lampu jalan yang padam di Kota Negeri Lama.

Labuhanbatu, Lintangnews.com | Lampu penerangan jalan Kota Negeri Lama, Kecamatan Bilah Hilir, Kabupaten Labuhanbatu sudah lama tidak berfungsi untuk menerangi dan memperindah suasana malam.

Khususnya saat warga mau menikmati makanan kuliner tempat nongkrong cafe warung dan lesehan sudah menjamur di bilah hilir.

Pantauan wartawan, Sabtu (23/10/2021) malam terlihat Jalan Lintas Provinsi tepatnya di Kota Negeri Lama padat dan macet, apalagi hari libur malam Minggu dan malam Kamis untuk mengunjungi tempat nongkrong atau ngopi.

Namun disesalkan suasana kota gelap tanpa diterangi cahaya lampu yang menempel di tiang PLN tidak menyala.

Salah seorang warga Desa Tanjung Haloban, Ahmad saat ditemui wartawan mengatakan, Kota Negeri Lama adalah ibu kota Kecamatan Bilah Hilir. Namun pihaknya menyesalkan meliha kondisi lampu penerangan jalan tidak hidup.

Ahmda menilai, membuat suasana melintas di Bilah Hilir seperti persis di kampung-kampung yang hanya diterangi dari depan rumah atau warung yang berjualan di kaki lima. Padahal pejabat dan kantor pemerintahan pusatnya di Negeri Lama.

“Jika lampu jalan itu hidup, maka Negeri Lama semakin indah dipandang. Semoga Bupati Labuhanbatu yang baru memperhatikan kondisi lampu jalan di Negeri Lama agar dihidupkan kembali dan berfungsi,” paparnya.

Petugas Kantor Jaga PLN Negeri Lama, Yudi Astaman ketika dihubungi wartawan, Minggu (24/10/2021) mengatakan, penerangan lampu jalan merupakan hak dan tanggung jawab dari Pemkab Labuhanbatu sampai perawatannya.

“PLN hanya penyedia tiang. Jika sesuatu hal dibutuhkan, petugas PLN siap untuk berkoordinasi dan itu semua atas perintah atasan. Lampu jalan rusak atau bola putus bukan tanggung jawab PLN. Lampu jalan di Negeri Lama sudah lama tidak berfungsi. Kondisinya saat ini ada yang rusak dan bagus,” paparnya.

Dirinya menyarankan, agar berkoordinasi dengan Pemkab Labuhanbatu terkait kondisi lampu jalan.

“Jika sudah terpasang, tanggung jawab perawatannya dikelola dinas yang berwenang. Kita siap dibutuhkan dan atas perintah Kepala Cabang PLN Simpang Jawi-Jawi,” tutup Yudi. (Sofyan)