Lanal Tanjungbalai Asahan Aksi Donor Darah

Danlanal Tanjungbalai Asahan, Letkol Laut (P) Ropitno saat melakukan aksi donor darah.

Tanjungbalai, Lintangnews.com | “Kegiatan donor darah yang kita laksanakan hari ini memiliki makna penting. Karena dengan pelaksanaan donor darah ini kita dapat mengambil hikmah dan menimbulkan rasa kepedulian antar sesama,” sebut Komandan Lanal Tanjungbalai Asahan, Letkol Laut (P) Ropitno dalam kegiatan donor darah yang diadakan di Aula Pomal, Kamis (6/9/2018).

Menurutnya, kegiatan donor darah ini adalah dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) ke 73.

Kegiatan yang diikuti oleh TNI/Polri, ibu-ibu Jalasenastri Lanal TBA dan PemkoTanjungbalai itu mengangkat thema ‘Bersama Rakyat TNI Angkatan Laut Siap Membangun Bangsa Guna Mewujudkan Kesejahteraan Melalui Laut’. 

Danlanal mengatakan, tradisi peringatan HUT TNI AL yang diperingati setiap tanggal 10 September pada hakekatnya memiliki 3 makna penting yaitu, keimanan dan ketakwaan, historis serta evaluatif. Dimana sebentar lagi TNI AL akan memasuki usia ke 73 tahun.

Foto bersama usai kegiatan donor darah.

Menurutnya, dengan maknai yang tersirat  bahwa setetes darah sangat berarti bagi yang membutuhkan. “Kita ketahui darah hanya dapat diproduksi oleh tubuh. Karenanya, kebutuhan darah masyarakat hanya dapat dipenuhi dengan kehadiran para pahlawan kemanusiaan yaitu para pendonor darah sukarela yang menyumbangkan darahnya,” sebut Ropitno. 

Dirinya berharap,  semoga kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan secara rutin, guna menjaga soliditas prajurit TNI/Polri, pemerintah daerah dan masyarakat Tanjungbalai. 

“Kegiatan ini bertujuan untuk membantu masyarakat atau orang-orang yang membutuhkan darah maupun transfusi darah. Juga membantu ketersediaan kantong darah di Unit Transfusi Darah PMI Tanjungbalai,” sebut Danlanal.

Dia juga berharap, semoga giat donor yang disalurkan dapat bermanfaat, tidak hanya bagi penerima donor, namun juga bagi kesehatan pendonor itu sendiri, serta membantu warga yang membutuhkan. (tondang)