Lapas Tebingtinggi Terapkan Bebas Pungli 

14
Para pengunjung saat mendatangi Lapas Tebingtinggi.

Tebingtinggi, Lintangnews.com | Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas II B di Jalan Pusara Pejuang, Kelurahan Rambung, Kota Tebingtinggi sama sekali tidak ada melakukan pemungutan liar (pungli) terhadap Warga Binaan Permasyarakatan (WBP) maupun pengunjung.

Demikian diutarakan Kepala Lembaga Permasyarakatan (Kalapas), Theo Adrianus Purba didampingi Kepala Pengamangan Lembaga Permasyarakatan (KPLP) Krisman Ziliwu, Selasa (9/7/2019) di ruang kerjanya.

Theo Purba mengatakan, Lapas Tebingtinggi terus melakukan inovasi dalam memberikan pelayanan kepada seluruh WBP dan pengunjung. Caranya dengan meningkatkan kualitas dan Sumber Daya Manusia (SDM) petugas, sehingga dipastikan bebas dari praktek pungli dan para pengunjung nyaman.

“Sistem yang diterapkan kepada WBP maupun pengunjung semua sesuai dengan Standard Operational Procedural (SOP). Tidak ada pengistimewaan terhadap WBP, semua sama diperlakukan dengan baik dan jika ada petugas yang melanggar ketentuan pasti diberikan sanksi tegas,” paparnya.

Petugas melakukan pemeriksaan terhadap para pengunjung Lapas.

Sebab, selama menjabat Kalapas Tebingtinggi, dirinya terus membuat terobosan- terobosan baru untuk menciptakan suasana yang nyaman baik itu di antara petugas dan WBP maupun pengujung. Khusus bagi WBP diberikan arahan berkesinambungan.

“Khusus bagi pengunjung, Lapas Tebingtinggi telah menyediakan tempat pemeriksaan khusus wanita dan pemberian Air Susu Ibu (ASI), serta berkoordinasi dengan Polres Tebingtinggi dalam pengamanan yang maksimal,” sebut Theo.

Sementara itu, salah seorang pengunjung bernama Iyem, warga Dolok Masihul Km 12 Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) mengatakan, pelayanan yang diberikan petugas sudah baik dan tertata rapi sesuai sebagaimana yang telah ditetapkan, serta memuaskan.

Terkait  isu pungli, ibu 3 anak ini mengaku, tidak pernah ada pengutipan yang dilakukan petugas Lapas. (purba)