Lestarikan Budaya Bangsa, Kodim 0204/DS Gelar Festival Tarian Bukit Barisan

Foto bersama usai pembukaan Festival Tarian Bukit Barisan (Tarbuba).

Deli Serdang, Lintangnews.com | Untuk melestarikan budaya bangsa, khususnya tarian daerah di Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Kodim 0204/DS menggelar Festival Tarian Bukit Barisan (Tarbuba) tingkat pelajar SMP dan SMA se Sumatera Utara berlangsung di Makodim Lubukpakam, Kamis (15/8/2019).

Dandim 0204/DS, Letkol (Kav) Syamsul Arifin saat diwawancara mengatakan, Tarbuba merupakan prakarsa Pangdam I/BB, Mayor Jenderal TNI MS Fadhilah dalam rangka melestarikan tarian daerah atau etnis di Sumatera Utara.

Menurutnya, kegiatan festival ini diselenggarakan dalam rangka memeriahkan HUT ke 74 Republik Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 Agustus 2019, sekaligus mengajak generasi muda millennial untuk mencintai budaya asli Indonesia, sehingga tumbuh rasa cinta kepada budaya dan tanah air Indonesia. Tarbuba berisi kolaborasi antara tarian Melayu, Simalungun, Karo dan etis lainnya di Sumut.

“Lomba ini diikuti pelajar tingkat SLTP dan SLTA se-Sumut. Ada pesertanya datang dari Tebingtinggi, Sergai, Deliserdang, Medan, Langkat dan daerah lainnya,” kata Dandim.

Hadiah kepada pemenang, kata Letkol (Kav) Syamsul, selain mendapatkan piala juga akan diberikan uang pembinaan dan piagam penghargaan sebagai apresiasi kepada para juara.

“Mudah-mudahan acara seperti ini akan digelar setiap tahunnya menjelang HUT RI,” pungkasnya.

Dalam festival itu terlihat para siswa yang menari mengenakan pakaian etnis beraneka ragam menggambarkan kekayaan budaya Indonesia.

Selain para pelajar, turut hadir masyarakat sekitar Makodim, Danramil jajaran Kodim 0204/DS, para veteran dan penggiat seni di Sumatera Utara. (Idris)