LPj Dana Desa Marihat Dolok Dipulangkan, Ini Penyebabnya

Kabid Pemnag DPMPN Pemkab Simalungun, Odor Sitinjak.

Simalungun, Lintangnews.com | Laporan Pertanggungjawaban (LPj) dana desa Tahun Anggaran (TA) 2018 Nagori Marihat Dolok, Kecamatan Dolok Panribuan dipulangkan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Nagori (DPMPN) Pemkab Simalungun karena administrasinya tidak lengkap.

Hal itu diutarakan Kepala Bidang (Kabid) Pemnag DPMPN Kabupaten Simalungun, Odor Sitinjak, pasca ditemui di ruang kerjanya, Jumat (29/3/2019). Dia menambahkan, dari 15 Nagori di Kecamatan Dolok Panribuan hanya nagori tersebut yang dipulangkan.

“Tinggal 1 lagi yang belum. Nagori Marihat Dolok itu pun karena belum lengkap administrasinya,” ucap Odor Sitinjak.

Dikatakan, DPMPN dalam mengoreksi LPj, tidak harus ke Nagori untuk mengkroscek, apakah kegiatan fisik yang sudah direalisasikan sesuai dengan perincian pada LPj yang telah diserahkan.

“Kita tidak turun ke Nagori mengkroscek itu tugas Inspektorat,” imbuhnya Odor Sitinjak jika bahwasanya LPj dana desa 2018 Nagori Marihat Dolok dipulangkan untuk dilengkapi kembali.

Disinggung apakah dana desa TA 2019 yang bersumber dari APBN Murni sudah dalam rekening daerah, Odor Sitinjak menuturkan, sampai saat ini masih belum karena pelaporan Sistem Keuangan Desa (Siskudes) belum mencapai 30 persen.

Informasi dihimpun sebelumnya, LPj dana desa 2018 dari 15 Nagori di Kecamatan Dolok Panribuan telah diserahkan oleh pihak Kecamatan ke DPMPN Simalungun untuk dikoreksi. Namun masih ditemukan adanya perbaikan dan butuh kelengkapan laporan. (zai)