LPPM USU Gelar Pelatihan Pembuatan Cenderamata dari Limbah Kayu

Pelatihan pembuatan cenderamata dari limbah kayu.

Deli Serdang, Lintangnews.com | Lembaga Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) Universitas Sumatera Utara (USU) mengadakan pelatihan pembuatan cenderamata dari limbah kayu kepada warga pesisir (kelompok pengelola wisata) bertempat di Wisata Bahari Alam Serdang Desa Regemuk, Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Deli Serdang, Sabtu (18/9/2021).

Pelatihan diikuti Ketua Kelompok Pengelola Wisata Alam Serdang, Tuah dan ibu-ibu warga pesisir Desa Regemuk.

Ketua Tim LPPM USU Medan, Riwanti Batubara didampingi Harisyah Manurung mengatakan, pelatihan ini bertujuan untuk menunjang pengembangan wisata di kawasan Pantai Labu.

“Pelatihan mengedukasi tentang limbah kayu. Potensi limbah kayu sebagai bahan kerajinan serta sifat dasar dan pengolahan limbah,” sebutnya.

Riwanti mengatakan, tim juga memberikan peralatan pendukung dan penunjang untuk pembuatan kerajinan berbahan limbah kayu. Kegiatan dilanjutkan dengan praktek langsung pembuatan.

“Dalam rangka mendukung pengembangan wisata di Pantai Alam Serdang ini kami membuat galery atau work shop untuk kelompok pengelola. Diharapkan tempat ini nantinya dapat bermanfaat sebagai tempat sekretariat dan mengembangkan produk cenderamata,” tutupnya.

Ketua Kelompok Pengelola Pantai Alam Serdang, Tuah mengucapkan terima kasih pada LPPM USU mengadakan pelatihan kerajinan pembuatan cenderamata dari limbah kayu.

“Pelatihan ini jelas membantu kami, sehingga mengetahui membuat kerajinan tentunya bila ditekuni dapat menghasilkan usaha sampingan yang mendatangkan uang untuk kejayaan kelompok,” sebutnya.

Tuah juga berharap, LPPM USU terus mendampingi kelompok agar lebih mahir serta menjembatani kelompok dengan dinas terkait dan dapat mensosialisasikan keberadaan kelompok dengan hasil kerajinan kedepannya.

Di akhir acara, kelompok wisata bahari alam Serdang mendapat bantuan peralatan kerajinan lengkap dari LPPM USU. (Idris)