Mahasiswa Pasca Sarjana Prodi Ilmu Hukum USI Kunjungi Mahfud MD

Mahfud MD foto bersama mahasiswa Prodi Ilmu Hukum didampingi Rektor USI, Marihot Manullang, Direktur Pasca Sarjana USI, Robert Siregar, Kepala Prodi, Elpina Tanjung dan Riduan Manik selaku dosen.

Siantar, Lintangnews.com | Sekolah Pascasarjana Prodi Ilmu Hukum Universitas Simalungun (USI) melakukan studi banding dalam rangka penguatan implementasi ilmu yang telah diterima di kampus dan dapat lebih memiliki ciri.

“Dalam studi banding ini diikuti seluruh mahasiswa Prodi Ilmu Hukum didampingi Rektor USI, Marihot Manullang, saya sendiri sebagai Direktur Pasca Sarjana USI, Robert Siregar, Kepala Prodi, Elpina Tanjung, serta dua orang dosen,” sebut Robert, dalam pers releasenya, Senin (17/9/2018).

Hanya saja ada yang menarik dalam studi banding kali ini, mahasiswa Prodi Ilmu Hukum sembari melakukan pertemuan dengan Mahfud MD di Yogyakarta selaku Anggota Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Mahasiswa menyampaikan kepada Mahfud MD agar merekomendasi dan mendorong BPIP menjadi lembaga permanen dan dapat dilakukan sampai tingkat Kabupaten atau Kota.  “Hal ini juga menjadi bagian dari misi USI kedepan,” sebut Robert.

Menanggapi hal ini, Mahfud MD menyampaikan, bahwa dalam pengawasan Pancasila  harus dengan pendidikan yang bermoral. Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini menuturkan, Pancasila harus bisa melihat kondisi masyarakat Indonesia kedepannya. “Karena masyarakat Indonesia dengan kondisi keberagaman dan kemajuan teknologi,” jelasnya.

Sambung Mantan Menteri Pertahanan ini, kedepan tidak lagi harus dengan pertemuan- pertemuan untuk penguatan moralitas. Namun kedepannya, Pancasila harus dapat disampaikan kepada seluruh masyarakat dengan skema revolusi industri.

Dalam pertemuan itu, Rektor USI Marihot Manullang menyampaikan pada  kekuatan moralitas dengan pola pendidikan yang bermartabat dan etika.

“Sehingga dalam pengajaran yang diperlukan adalah etika dan moral. Sementara untuk teori dan ilmunya saat ini sudah ada dalam berbagai referensi,” tutup Marihot. (elisbet)