Masyarakat Diperbolehkan Pindah Memilih, Ini Penjelasan KPUD Siantar

Komisioner KPUD Siantar, Nurbaiyah Siregar.

Siantar, Lintangnews.com | KPUD Kota Siantar masih menunggu keputusan KPU RI terkait putusan Mahkamah Konsitusi (MK) yang mengabulkan sebagian terkait sejumlah pasal dalam UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

“Kita masih menunggu surat dari KPU RI, semua itu kan ada aturannya,” sebut Komisioner KPUD Siantar, Nurbaiyah Siregar, Jumat (29/3/2019).

Dijelaskan Komisioner Bidang Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat ini, KPUD Siantar masih menunggu putusan dari KPU RI, meskipun ada keputusan MK soal memperbolehkan masyarakat kembali mengurus pindah memilih dan menggunakan surat keterangan (suket) jika belum memiliki KTP Elektronik (e-KTP).

Disinggung soal kesiapan surat suara di Kota Siantar mengingat antisipasi lonjakan pemilih, Nurbaiyah menjika nanti surat suara per Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ditetapkan oleh KPU RI berasal dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) ditambah 2 persen, hal ini tak terpengaruh dengan putusan MK tersebut.

“Kita tunggu lah keputusan KPU RI, segala sesuatu kan harus ada putusan dari KPU RI,” tutup salah satu Srikandi KPUD Siantar ini. (elisbet)