Masyarakat Siantar Diajak Bersinergi Sukseskan Program Bangga Kencana

Wali Kota Siantar, Hefriansyah bersama Ketua TP PKK, Syahputri Hefriansyah boru Hutabarat, Kadis P2KB, Rumondang Sinaga dan sejumlah narasumber.

Siantar, Lintangnews.com | Masyarakat Kota Siantar diajak untuk bersinergi demi menyukseskan program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana).

Sebab keluarga merupakan tempat pertama yang harus dibenahi. Sehingga seluruh masyarakat harus bersatu-padu untuk menjadikan keluarga sebagai awal pembangunan kemasyarakatan.

Hal tersebut disampaikan Wali Kota Siantar, Hefriansyah di acara pembukaan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Bangga Kencana Tahun 2021, di Convention Hall Siantar Hotel, Rabu (31/3/2021).

Dikatakan Hefriansyah, program Bangga Kencana di Siantar sebelumnya telah banyak menorehkan prestasi. Sejarah mencatat Siantar pada dekade terakhir telah berhasil meraih Manggala Karya Kencana yang merupakan prestasi tertinggi di bidang Keluarga Berencana (KB).

Anugerah Manggala Karya Kencana, katanya, merupakan penghargaan diberikan kepada sosok yang dinilai memiliki dedikasi tinggi, telah melakukan inovasi, karya menonjol dan bermanfaat terhadap program Bangga Kencana dalam mewujudkan keluarga kecil, bahagia dan sejahtera.

“Saya berharap, Pemko Siantar melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P2KB) terus eksis dalam peningkatan berbagai pelayanan, terkhusus saat ini di bidang pelayanan Bangga Kencana,” terangnya.

Lanjut Hefriansyah, di tahun 2020 Siantar juga telah meraih peringkat ketiga tingkat Provinsi Sumatera Utara dalam pelayanan Sejuta Akseptor. Dengan beragam prestasi yang diperoleh, diharapkan dapat terus dipertahankan dan tetap mengutamakan pelayanan prima di tengah-tengah masyarakat.

“Saya mengajak masyarakat berperan serta untuk dapat terus bersinergi mendukung suksesnya program Bangga Kencana yang berkesinambungan di Siantar. Sebab keluarga menjadi tempat pertama yang harus dibenahi. Seluruh masyarakat harus bersatu-padu untuk menjadikan keluarga sebagai awal pembangunan kemasyarakatan,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Hefriansyah juga menyampaikan, Pendataan Keluarga Nasional akan dilaksanakan mulai 1 April 2021 hingga 31 Mei 2021.

“Saya berharap program Pendataan Keluarga Nasional ini nantinya dapat berjalan lancar tidak kekurangan satu apapun,” tukasnya, seraya berharap seluruh peserta Rakerda dapat mengikuti kegiatan tersebut dengan seksama dan sebaik-baiknya demi kesuksesan program Bangga Kencana di Siantar.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Rakerda, Julham Situmorang menjelaskan, Bangga Kencana yaitu program peningkatan ketahanan keluarga, balita, dan anak, ketahanan remaja dan ketahanan lanjut usia, serta pemberdayaan ekonomi keluarga di bidang kependudukan, yang meliputi kegiatan kerja sama pendidikan, kependudukan, pemanduan kebijakan pengendalian penduduk, serta analisis dampak kependudukan.

Di bidang KB, sambungnya, meliputi program dan kegiatan peningkatan akses serta kualitas pelayanan kontrasepsi yang merata di seluruh wilayah dan fasilitas kesehatan. Juga gerakan pelayanan KB di wilayah kumuh dan miskin, serta kegiatan di bidang kesehatan reproduksi bagi pasangan usia subur.

Sementara itu, Rumondang Sinaga selaku Kepala Dinas P2KB Pemko Siantar mengaku, berkomitmen mewujudkan keluarga berkualitas dan pertumbuhan penduduk yang seimbang.

“Meski masih dalam masa pandemi Covid-19 yang mengurangi pergerakan dan pelayanan, namun tidak menurunkan semangat para pejuang KB untuk mencapai sasaran program Bangga Kencana dengan menerapkan strategi dan upaya efektif serta berkolaborasi dengan stakeholder dan mitra kerja” ucapnya.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Kepala Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sumut, Sahidal Kastri, Kabid P2KB Provinsi Sumut, Koni Ismail Siregar, Ketua TP PKK Siantar, Syahputri Hefriansyah borubHutabarat, para Lurah, serta Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Mardiana. (Elisbet)