Mendagri Disebut dapat Ambil Alih Pelantikan Wawako Siantar Terpilih

Wakil Wali Kota Siantar terpilih, Susanti Dewayani.

Siantar, Lintangnews.com | Susanti Dewayani sebagai Wakil Wali Kota Siantar terpilih di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020 lalu, disebut bisa saja dilantik Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

Minggu depan direncanakan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) menggelar pertemuan virtual membahas pemberhentian Wali Kota dan Wakil Wali Kota Siantar, Hefriansyah-Togar Sitorus. Mendagri melalui Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Edy Rahmayadi disebut bisa saja mengambil alih polemik keterlambatan pemberhentian Wali Kota Siantar dengan langsung melantik Susanti Dewayani sebagai Wakil Wali Kota terpilih periode 2021-2024.

“Ya, bisa (sesuai peraturan yang berlaku). Begitu pun kita tunggulah nanti hasil pertemuan tersebut. Dan sekali lagi semua kebijakan ini adanya di Kedmenterian Dalam Negeri (Kemendagri), Provinsi hanya memfasilitasi,” terang Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setdaprovsu, Basarin Yunus Tanjung melalui Kabag Otda, Ahmad Rasyid Ritonga, Kamis (1/7/2021).

Menurutnya, rapat virtual nantinya akan mengundang Ketua DPRD Siantar dan Direktorat Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri.

“Rencana mau diundang dulu DPRD Siantar melalui rapat zoom terkait dengan itu. Kami koneksikan sekaligus dengan Kemendagri supaya langsung dijelaskan,” ungkapnya.

Menurut Rasyid, pertemuan virtual yang difasilitasi pihaknya direncanakan digelar pada Minggu depan dan setelah itu menyurati kembali DPRD Siantar.

“Sepertinya kita undang dulu melalui pertemuan itu dan mengenai surat ke DPRD Siantar akan menyusul dilakukan,” tandasnya. (Elisbet)