Mengarah Gejala Virus Corona, 1 Orang Dirawat di RS Swasta Siantar

Pasien PDP saat di rumah sakit (ilustrasi)

Siantar, Lintangnews.com | Satu orang Pasien Dalam Perawatan (PDP) sedang mendapatkan perawatan insentif di salah satu Rumah Sakit di Kota Siantar.

Ini diungkapkan Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Siantar, Ronald Saragih Selasa (24/3/2020).

Diceritakannya, 1 orang pasien itu diketahui mengalami demam tinggi yang mengarah ke Covid-19 atau Virus Corona dan telah menjalani perawatan sejak kemarin.

Hanya saja, kata Ronald, pasien itu bukan warga Siantar. Ia memastikan, pasien dimaksud dirawat di RS Swasta.

“Bukan warga Siantar, tetapi ditangani salah satu RS di Siantar. Dokter kita sudah langsung melakukan penanganan ekstra dan posisi pasien demam tinggi, mengarah gejala ke Covid-19. Namum belum bisa dipastikan apakah positif Virus Corona atau tidak,” terang Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Pemko Siantar ini.

Dijelaskan Ronald, rencananya pasien itu akan akan dirujuk ke RSUP Adam Malik, Kota Medan. Namun sayangnya, untuk saat ini ruang isolasi RSUP Adam Malik sudah penuh.

“Semalam kita rencanakan diisolasi ke RSUP Adam Malik, namun ditolak karena saat ini ruangan sudah penuh. Kita sedang mencari langkah yang akan dibuat,” kata Ronald.

Seperti diberitakan sebelumnya, sejauh ini ada 1 orang warga Siantar dengan status PDP yang tengah dirawat RSUP Adam Malik Medan.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemko Siantar juga belum mengetahui jumlah pasti Orang Dalam Pemantuan (ODP) sebab banyaknya warga yang pulang dari berbagai daerah, namun belum melaporkan dan memeriksakan diri.

Pemerintah juga telah menetapkan RSUD Djasamen Saragih sebagai salah satu RS rujukan. (Elisbet)