Mitra Perusahaan Ini Sebut Secara Umum Keberadaan PT TPL Dinilai Positif

Pemilik perusahaan CV Mamopar, Manogu Lumban Gaol.

Humbahas, Lintangnews.com | Lagi-lagi kontraktor yang bekerja sama dengan PT Toba Pulp Lestari Tbk (TPL) mengungkapkan isi hatinya terkait adanya sekelompok masyarakat ingin berusaha menutup perusahaan bubur kertas yang dinilai baik kehadiranya.

Pemilik perusahaan CV Mamopar, Manogu Lumban Gaol yang bekerja sama dengan PT TPL sejak 2009 lalu memberikan tanggapan pada awak media, Senin (28/6/2021).

“Sepengetahuan saya, soal tanah yang dipakai perusahaan PT TPL adalah kerja sama antara pemilik tanah dan perusahaa. Kerja sama artinya sistemnya tanah itu dikontrakkan ke perusahaan dan perjanjianya ada yang bagi hasil,” sebutnya.

Manogu menuturkan, sepengetahuannya PT TPL tidak pernah ingkar kepada pemilik lahan. “Misalnya kotrak sewa menyewah tanah hanya sekali panen, ya perusahaan mengembalikannya setelah panen,” tukasnya

Disinggung soal keberadaan perusahaan selama ini, Manogu mengaku, sangat berdampak positif.

“Sepengetahuan saya sangat baik dalam bermitra kepada perusahaan-perusahaan lokal dan masyarakat sekitar. Saat ini banyak perusahaan yang mengeluarkan karyawannya karena Covid-19, namun PT TPL tidak seperti itu,” paparnya.

Dia mencontohkan seperti di lahan konsesi milik TPL di Hutagalung Tele kurang lebih enam ribuan karyawan bekerja dan banyak perusahaan yang bermitra.

“Jika PT TPL ditutup bagaimana nasip para karyawan di sana dan adakah perusahaan lain yang mampu menampung enam ribuan karyawan sekaligus,” tukasnya.

Manogu menuturkan, karyawan di perusahaannya saat ini sebanyak 95 orang. Belum lagi perusahaan lain yang selama ini bermitra dengan PT TPL. Karena sepengetahuan Manogu, PT TPL bukan sebatas bermitra saja, tetapi membantu masyarakat baik di bidang pembangunan jalan, bantuan pada petani, pembibitan bahkan dimodali sampai panen.

Di sisi lain dirinya berharap, jika pun ada konflik seperti itu lagi alangkah baiknya ke pemerintah sekitar dulu dipertanyakan dan jangan langsung aksi demo.

“Ini agar semuanya jelas jika pemerintah yang langsung angkat bicara dan kalau bisa bermitralah dengan PT TPL,” pintanya. (Akim)