MUI, Pemkab Karo dan Lantamal I Laksanakan Vaksin pada Warga Kabanjahe  

Pelaksanaan vaksinasi terhadap masyarakat sekitar Kabanjahe, bertempat di Stadion Samura Kabanjahe.

Karo, Lintangnews.com | Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Karo dan Pemkab setempat bekerja sama dengan TNI AL Lantamal I melaksanakan vaksinasi terhadap masyarakat sekitar Kabanjahe, bertempat di Stadion Samura Kabanjahe, Sabtu (23/10/2021).

Pemberian vaksin dengan jumlah yang direncanakan sebanyak 1.000 orang. Vaksin rutin ini selalu dilaksanakan setiap harinya dalam rangka memberikan pelayanan pada masyarakat yang belum mendapatkan vaksin dosis 1 dan 2 yang tidak mengikuti giat serbuan vaksin massal yang dilakukan AL Lantamal I di beberapa tempat.

Pelaksanaan vaksin di Stadion Samura Kabanjahe untuk mencapai target program pemerintah vaksinasi Covid-19 dosis pertama dan kedua sebanyak 70 persen. Jumlah yang wajib divaksin itu sesuai dengan program jumlah penduduk Indonesia supaya dapat kekebalan komunal (Herd Immunity) dari virus Covid-19.

Hadir dalam peninjauan vaksinasi, Komandan Lantamal I, Laksamana Pertama TNI Achmad Wibisono didampingi Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang, Ketua MUI, Samadin Tarigan, Ketua Kemakmuran Masjid Karo, Aswin Ginting, Dandim 0205/Tanah Karo, Kapolres dan Wadanlantamal beserta Pejabat Utama (PJU) Lantamal I.

Danlantamal menyampaikan, serbuan vaksinasi ini menjawab permintaan dari MUI dan Pemkab Karo akan kebutuhan vaksin kepada masyarakat.

Sementara Bupati Cory Sriwaty menyampaikan, ucapan terima kasih pada Lantamal I mau memberikan dukungan vaksin kepada masyarakat Karo.

“Semoga kedepannya masih ada dukungan vaksin untuk masyarakat Karo yang saat ini sudah berada di level I,” sebutnya.

Vaksinasi dilaksanakan oleh 5 tim yang terdiri dari Diskes Lantamal I sebanyak 2 tim, RSAL Komang Makes 1 tim, Puskesmas Kabanjahe 1 tim dan 1 tim gabungan Kodim 0205/Tanah Karo dengan Yonif 125/Simbisa.

Pelaksanaan vaksin tetap dilaksanakan sesuai protokol kesehatan (prokes) Covid-19. Dimana masyarakat setelah selesai divaksin, dihimbau tetap tinggal di tempat untuk menjalani observasi di tribun stadion selama 30 menit, guna mengetahui reaksi Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) atau efek samping dari vaksin Covid-19. Dengan tujuan apabila terjadi gejala yang tidak diinginkan, akan dapat ditangani dengan cepat.

Selanjutnya harus memakai masker, menjaga jarak dengan tidak bergerombol yang diatur oleh Provost, Pomal dan Babinpotmar, Babinsa Kodim 0205/Tanah Karo serta anggota Polres Karo. (Idris)