MUI Tebingtinggi Terima 5.000 Dosis Vaksin Covid-19

Rapat koordinasi yang berlangsung di kantor MUI Kota Tebingtinggi.

Tebingtinggi, Lintangnews.com | Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Tebing Tinggi terima 5.000 dosis vaksin Covid-19 dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Untuk mendukung proses itu, MUI Tebingtinggi menggelar rapat koordinasi (rakor) dengan seluruh pengurus dan komisi-komisi di kantor MUI setempat, Selasa (7/9/2021). Rapat dihadiri unsur Dewan Pertimbangan, Ketua dan Sekretaris Komisi.

Sekretaris MUI Tebingtinggi, Hasbie Ashshiddiqi saat memimpin rapat menyampaikan, vaksin yang akan diterima adalah Vaksin Coronavac. Hal ini merupakan upaya dari pihaknya untuk ikut berkontribusi dalam meningkatkan cakupan penerima vaksin di Tebingtinggi.

Sebelumnya MUI Pusat telah menyurati Sekretaris Jenderal Kemenkes melalui Kepala Pusat Krisis atas dukungan Wali Kota Tebingtinggi yang sekaligus juga sebagai Ketua Dewan Pertimbangan MUI Tebingtinggi.

Surat itu telah direspon Kemenkes melalui Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Surveilans dan Karantina Kesehatan Direktorat Jendral Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Nomor SR.02.06II/7806/2021 tanggal 3 september 2021. MUI Kota Tebingtinggi mendapatkan tambahan alokasi vaksin sebanyak 5.000 dosis beserta logistik penduking dalam pelaksanaan vaksinasi nantinya.

“Vaksin ini nantinya diperuntukkan bagi tokoh agama, para ustadz, guru-guru agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan tentunya masyarakat umum lintas agama di Tebingtinggi,” sebut Hasbie.

Dia mengatakan, alokasi vaksin tambahan yang diinisiasi pihaknya  bekerja sama dengan DPD Al-Ittihadiyah Tebingtinggi merupakan satu-satunya di Sumatera Utara, bahkan mungkin di Sumatera yang mendapatkan.

Pasca rapat, Hasbie didampingi Ketua Komisi Sosial Bencana, Muhammad Idris dan Sekretaris, Ahmad Fauzan melaporkan hasil rapat kepada Wali Kota, Umar Zunaidi Hasibuan.

Wali Kota menyampaikan, agar pada kegiatan vaksinasi  harus tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) dan bisa dilaksanakan secara terpusat pada minggu ke 3 bulan September 2021

“Kegiatan ini bisa segera memberikan perlindungan kesehatan dan mencapai herd imuniti terkhusus di Tebingtinggi,” paparnya.

Sementara itu, Hasbie menyampaikan, MUI Tebingtinggi akan menyurati Kemenkes terkait alokasi vaksin tahap kedua yang direncanakan dilaksanakan pada minggu ke 4 bulan Oktober 2021. (Purba)