Muncul Plang Proyek Tanpa Fisik di Humbahas Buat Warga Kebingungan

Plang proyek yang ditemukan, namun tidak diketahui dimana lokasi pengerjaannya.

Humbahas, Lintangnews.com | Munculnya plang proyek tanpa fisik membuat warga Desa Pareksinomba, Kecamatan Doloksanggul, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) bingung dan penuh tanda tanya.

Sesuai pantauan di lapangan, Jumat (21/9/2018) plang proyek memperlihatkan logo Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Sumatera Utara. Ada juga tulisan BWS Sumatera II PPK Sungai & Pantai II.

Disebutkan juga pekerjaannya adalah jembatan. Namun volume pekerjaan, pagu lokasi kegiatan dan hari kerja tidak dicantumkan. Ini membuat warga merasa heran. Yang lebih mengejutkan warga sekitar, pekerjaan jembatan dimaksud tidak tau dimana rimbanya.

Kepala Desa (Kades) Pareksinomba bermarga Manullang mengaku, tidak tau soal plang proyek yang berdiri di daerah yang dipimpinnya. Dirinya juga tidak pernah mendengar adanya pembangunan jembatan yang dikerjakan dari Provinsi.

“Setau saya itu kegiatan Provinsi yang membangun saluran Sungai Aek Sibundong dengan membuat bronjong kurang lebih panjangnya sekitar 200 meter kalau tidak salah. Namun kalau masalah pembangunan jembatan dimaksud, saya tidak mengetahuinya,” sebut Manullang.

Pembangunan bronjong di Sungai Aek Sibundong.

Dirinya juga baru mengetahui adanya plang proyek pembangunan jembatan di lokasi itu. “Sementara jembatannya tidak ada. Yang ada hanya jembatan kayu untuk menyeberang sungai,” terangnya diamini perangkat desa.

Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Pijar Keadilan, Porman Lumban Tobing saat dikonfirmasi di lapangan mengaku kecewa dengan ditemukannya plang proyek itu.

“Kegiatan seperti itu lah yang sepatutnya kita pertanyakan. Plang proyeknya ada, namun proyeknya entah dimana. Lagian tukang atau pekerjanya juga tidak ada lagi di sini,” tandas Porman.

Pihaknya juga akan menelusuri kegiatan itu, termasuk akan memastikan tujuan dibuatnya plang proyek siluman seperti itu. (akim)