Mustafa Ginting Dikukuhkan Koordinator ICCN Wilayah Sumbagut

Acara pengukuhan pengurus Indonesia Career Center Network (ICCN) Wilayah Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) yang dilakukan secara virtual.

Siantar, Lintangnews.com | Pengukuhan pengurus Indonesia Career Center Network (ICCN) Wilayah Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) meliputi provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau dan Kepulauan Riau dilaksanakan secara virtual via zoom, Sabtu (16/1/2021).

Hal ini dilakukan mengingat pandemi Covid-19 belum sirna dari bumi Indonesia tercinta.

Seperti diketahui, ICCN merupakan organisasi profesi pengelola pusat karir Perguruan Tinggi Indonesia. Sebagai wadah atau sarana berbagi pengetahuan, pengalaman, konsultasi dan mencari solusi permasalahan dalam mengelola pusat karir di Perguruan Tinggi.

Jejaring ini juga diharapkan adanya percepatan dalam peningkatan peran, layanan dan profesionalisme pengelolaan pusat karir yang disesuaikan dengan karakter Perguruan Tinggi masing-masing.

Lebih dari itu, jejaring ini juga menjadi sebuah konsekuensi dan kebutuhan, sekaligus harapan untuk dapat menjawab tantangan di masa depan yang dihadapi oleh pusat karir itu sendiri khususnya dan Sumber Daya Manusia (SDM) lulusan Perguruan Tinggi pada umumnya.

Melalui jejaring ini diharapkan menjadi sarana bertemunya semua stake holder yang berkaitan dengan SDM di Indonesia, baik dari unsur pemerintah di lintas Kementerian serta Perguruan Tinggi, perusahaan sebagai pengguna lulusan, berbagai asosiasi profesi, para mahasiswa dan alumni Perguruan Tinggi dan para pencari kerja itu sendiri. Tujuan akhirnya adalah peningkatan SDM di Indonesia.

ICCN merupakan sebuah era baru, dimana persaingan atau kompetisi antar Perguruan Tinggi sudah selayaknya ditinggalkan, khususnya dalam lingkup peningkatan kualitas SDM/lulusannya.

Upaya kerja sama dan saling menguatkan perlu dikedepankan untuk masa depan SDM Indonesia yang lebih baik dan berkualitas, menuju persaingan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Mustafa Ginting yang dikukuhkan sebagai Koordinator ICCN Wilayah Sumbagut periode 2020-2024 mengatakan, kepercayaan dan mandat yang diberikan pengelola pusat karir Perguruan Tinggi merupakan kado Hari Natal dan Tahun Baru terindah selama hidupnya.

“Saya berkomitmen menghargai dan memegang teguh kepercayaan dan amanah teman-teman semuanya dengan membesarkan dan menjalankan program-progran ICCN Wilayah Sumbagut takut akan Tuhan,” kata Kepala Pusat Pengembangan Karir Universitas Simalungun (PPK USI) ini.

Lebih lanjut Dosen Fakultas Pertanian dan Pascasarjana USI ini, sesungguhnya dirinya mempunyai mimpi, melalui ICCN Wilayah Sumbagut ini akan berkontribusi, mengabdi dan memfasilitasi dalam peningkatan kualitas SDM lulusan Perguruan Tinggi yang menjadi pemimpin masa depan negeri ini.

“Saya bermimpi, melalui ICCN Wilayah Sumbagut ini dapat kiranya membantu mengurangi beban pemerintah dan masyarakat negeri ini dalam mengatasi pengangguran. Tentunya mimpi ini dapat terwujud apabila ada support dan dukungan semua elemen yang terlibat. Dukungan diharapkan dari kampus, termasuk di ralamnya pimpinan Perguruan Tinggi, pengurus yayasan, alumni dan mahasiswa. Juga dibutuhkan dukungan dari pemerintah, dunia usaha dan dunia industri. Sudah saatnya kita tinggalkan paradigma individu menuju paradigma kolaborasi dalam menangani negeri Indonesia tercinta ini,” terang Mustafa.

Pengukuhan pengurus dilakukan Teddy Indira Budiwan selaku Presiden ICCN yang dihadiri Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Sumatera Utara mewakili Gubernur Sumatera Utara, Rektor USI, Ketua Pengurus Yayasan USI, dunia usaha dan dunia industri, alumni dan mahasiswa-mahasiswi Perguruan Tinggi Wilayah Sumbagut.

Pantauan awak media, acara dikemas sederhana tetapi bermakna sekali dan berkesan yang diselingi dengan lagu-lagu daerah dari Sumatera Bagian Utara seperti lagu Batak, lagu Minang dan lagu Melayu. Secara keseluruhan rangkaian acara yang sudah deprogram berjalan dengan lancar dan sukses.

Pengurus ICCN Wilayah Sumbagut yang dikukuhkan adalah sebagai berikut:

Pengurus inti, Koordinator Wilayah: Mustafa Ginting (Universitas Simalungun Pematangsiantar) Wakil Koordinator: Taufik Pramudja (STIKes Awal Bros Batam), Sekretaris: Emilda Kadriyani (Politeknik Aceh), Wakil Sekretaris: Novendra Adisaputra Sinaga (Politeknik Bisnis Indonesia, Pematangsiantar), Bendahara: Erismar Amri (STKIP PGRI Sumatera Barat) dan Wakil Bendahara: Muhammad Ihsan Zul (Politeknik Caltex Riau).

Pengurus Bidang, Bidang Layanan Pengembangan Karir, Training dan Konseling: Ridhayati Farid (Universitas Internasional Batam), Sri Handayani (STIKes Syedza Saintika, Padang) dan Frikson Jony Purba (Universitas Quality, Medan), Bidang Layanan Rekruitmen dan Bursa Karir: Zulfita (STIKes Mercubakti Jaya, Padang), Yolanda Oktarina (Universitas Perintis Indonesia, Padang) dan Amal Hayati (STKIP YDB Lubuk Alung), Bidang Layanan Penelusuran Alumni: Irman Puansah (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan), M Kafit (Universitas Ibnu Sina Batam) dan Achmad Surya (STIH Muhammadiyah Takengon), Bidang Layanan Pengembangan Kewirausahaan: Renny Adelia Tarigan (Institut Kesehatan Mitra Bunda, Batam), Rahmawati Tarigan (Institut Kesehatan Helvetia, Medan) dan Refli Noviardi (Institut Teknologi Batam), Bidang Data Inovasi, Pengembangan dan Penelitian: Ruswan Nurmadi (Universitas Harapan, Medan), M Umar (Universitas Al Azar, Medan) dan Hendri Sembirimg (STIE Surya Nusantara, Pematangsiantar), Bidang Sistem Teknologi Informasi : Okri Asfino Putra (Institut Teknologi Padang), Endrianur Rahman Zain (STIEMA, Kisaran) dan T Rafli A (Universitas Almuslim, Kabupaten Bireuen, Aceh), Bidang Publikasi dan Relasi Publik: Sumantri (STMIK Royal, Kisaran), Arwin Tannuary (STAMI, Pematangsiantar) dan Fhery Agustin (Universitas Potensi Utama, Medan). (Elisbet)