Nikson Nababan Sebut Jungkir Balik Mendapatkan Dana PEN untuk Taput

Bupati Taput, Nikson Nababan menyerahkan bantuan bibit jagung pada warga Desa Sisordak.

Taput, Lintangnews.com | Bupati Tapanuli Utara (Taput), Nikson Nababan didampingi Sekretaris Daerah (Sekda), Indra Sahat Simaremare dan beberapa pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dan Camat Parmonangan, Erwan Hutagalung melakukan tatap muka dengan masyarakat Desa Sisordak, Kecamatan Parmonangan, Sabtu (5/12/2020).

Dalam kesempatan itu, Nikson menyerahkan bantuan bantuan pada masyarakat, berupa hand traktor 1 unit, alat penanaman jagung 5 unit, bibit jagung 900 kg, pupuk NPK 6,5 ton, bibit tanaman berbuah 200 batang, benih ikan nila, pakan ikan dan pencetakan kolam ikan.

Bupati juga menyampaikan, pembangunan infrastruktur di Desa Sisordak, seperti Jalan Usaha Tani (JUT), irigasi air tanah dalam, hotmix Hutatinggi-Butar, hotmix Parhorboan-Sibaragas, Hutatinggi-Simamora, irigasi Sisordak dan bedah rumah sebanyak 33 unit.

“Prinsip membangun dari pinggiran untuk membangun Taput tetap saya terapkan. Ini sudah saya lakukan sejak awal memimpin di tahun 2015. Tahun ke tahun tetap kita benahi infrastruktur di Taput,” paparnya.

Nikson menjelaskan, untuk saat ini, keberadaan dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sangat membantu kelanjutan pembangunan infrastruktur di Taput.

“Jungkir balik untuk mendapatkan itu. Taput menjadi satu-satunya yang mendapatkan di Sumatera Utara. Kita dukung dan manfaatkan secara maksimal,” ujar Nikson.

Dia juga menyampaikan, Kecamatan Parmonangan saat ini sudah sangat bagus dan akses jalan telah dihotmix. Menurut Bupati, tahun depan yang masih kurang akan dibenahi dan masih banyak harus dikerjakan di Taput.

“Masih perlu pelebaran jalan, rice milling, memajukan dan memperkuat Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Juga kita doakan pendirian Universitas Negeri. Pimpinan OPD tetap semangat, inovasi dan kreativitas yang dituntut, tanpa itu kita akan terbenam,” papar Nikson.

Mewakili warga, Parulian Purba menyampaikan, rasa bangga dan kegembiraan akan kehadiran pemerintah di tengah-tengah masyarakat. Dia menuturkan, kondisi saat ini sudah sangat enak dan bantuan mengalir terus.

“Tinggal bagaimana masyarakat menyikapi dan memanfaatkan kesempatan itu. Melihat aktifnya pemerintah, saya ingin muda kembali. Segala bantuan diberikan pada masyakat,” ucap Parulian.

Usai bimbingan arahan dibarengi diskusi dengan masyarakat, Nikson memberikan bantuan secara simbolis, menabur benih ikan di kolam yang sudah dicetak dan menanam bibit pohon untuk menahan pengikisan tanah dan pohon berbuah yang menghasilkan.

Nikson juga meninjau lahan jeruk yang sangat bagus milik salah seorang warga Sisordak, Sangal Purba. (Pembela)