Pabrik Karet Kebun Sei Silau Terbakar, Kerugian Ratusan Juta Rupiah

Pihak pemadam kebakaran saat memadamkan kobaran api di lokasi kejadian.

Asahan, Lintangnews.com | Peristiwa kebakaran terjadi di pabrik pengolahan karet milik PTPN III Kebun Sei Silau di Desa Sei Silau Barat, Kecamatan Setia Janji, Kabupaten Asahan, Selasa ( 2/10/18 ) malam.

Akibat peristiwa itu, membuat bangunan terbakar, sehingga menyebabkan kerugian mencapai ratusan juta. Namun dalam kebakaran itu tidak menimbulkan korban jiwa.

Menurut saksi mata, Husni Sirait  (50) yang juga mandor pengolahan karet, api berkobar hebat sejak pukul 18.00  WIB. Menurutnya, saat itu pabrik sedang beroperasi melakukan pengolahan getah karet.

Kobaran api di lokasi pabrik pengolahan karet.

“Ada 6 buah tungku pengasapan. Diduga api berasal dari tungku pengasapan no 2. Getah yang dijemur di atas tungku menetes dan tetesannya jatuh,” sebut Husni.

Ternyata dari api  getah karet yang keluar dari proses pengasapan, akhirnya terbakar dengan cepat. Dalam hitungan menit api sudah menyambar bagian bangunan penyimpanan getah.

Sementara itu, Kapolsek Prapat Janji, AKP Ramadhani membenarkan kejadian itu. “Kebakaran dapat dipadamkan setelah 5 unit mobil pemadam kebakaran (damkar) Pemkab Asahan datang ke lokasi kejadian,” ucapnya. (handoko)