Pasar Kedai Ledang Asahan Resmi Dibuka

Bupati Asahan, Surya menandatangani batu prasasti Pasar Rakyat di Kedai Ledang.

Asahan, Lintangnews.com | Pasar Rakyat di Kedai Ledang, Kecamatan Kisaran Timur telah resmi dibuka, ditandai dengan ditandatanganinya batu prasasti oleh Bupati Asahan, Surya, Rabu (23/9/2020).

Ada pun pembangunan Pasar Rakyat yang memiliki luas lebih kurang 1.878 m2 itu dengan pelataran ukuran 28 × 10 m, pelataran terbuka ukuran 2 × 2,5 m sebanyak 40 unit dan pelataran meja ukuran 2 × 2,5 m sebanyak 16 unit.

Lalu kios ukuran 2 × 2,5 m sebanyak 9 unit, kamar mandi ukuran 2,75 × 3,5 m sebanyak 2 bilik, area parkir ukuran 24 × 26 m sebanyak 40 unit dan jumlah pedagang berjumlah 65 orang.

Surya mengatakan, dengan pembangunan pasar dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas perdagangan dalam negeri, serta perekonomian masyarakat pada sektor perdagangan.

“Kita berharap, para pedagang dapat menjaga dan merawat pasar ini dengan baik, terutama masalah kebersihan. Berdagang lah dengan jujur, sehingga pembeli semakin banyak datang dan berbelanja dan meningkatkan perekonomian masyarakat,” ujar Bupati.

Terkait dana pinjaman bergulir, Bupati mengatakan, bukan merupakan bantuan atau hibah, melainkan dana pinjaman yang bersumber dari APBD Kabupaten Asahan.

Ini untuk membantu penguatan modal kepada koperasi dan usaha mikro, sehingga terwujudnya pengembangan dan kemandirian pelaku usaha mikro guna mempercepat pertumbuhan dan pemerataan ekonomi daerah.

“Jadi wajib dikembalikan, agar pelaku koperasi dan usaha mikro yang lain bisa juga menikmati manfaat dari dana pinjaman bergulir itu,” kata Bupati.

Kepada seluruh pelaku usaha mikro, Bupati mengatakan, agar dapat mempergunakan dana pinjaman bergulir dengan sebaik-baiknya untuk pengembangan usaha. Dan mengembalikan dana pinjaman bergulir sesuai dengan jadwal jatuh tempo pinjamannya.

“Dana itu akan digulirkan kepada pelaku usaha mikro lain yang membutuhkan. Begitu juga dengan bapak ibu bisa kembali mengajukan pinjaman apabila sudah lunas pinjamannya,” ujar Bupati. (Heru)