Pasar Tozai Baru Segera Beroperasi, Ini Syarat Bagi Pedagang

Pasar Tozai Baru yang akan segera beroperasi.

Siantar, Lintangnews.com | Pasar Tozai Baru yang terletak di Kelurahan Bahkapul, Kecamatan Siantar Sitalasari direncanakan segera dioperasionalisasikan oleh Perusahaan Daerah Pasar Horas Jaya (PDPHJ) pada awal bulan April 2019.

Setelah direvitalisasi pada tahun 2018 lalu, Pasar Tozai sudah sangat layak untuk beroperasi sebagai Pasar Tradisional penyanggah Pasar Dwikora dan Pasar Horas.

Julinar Naibaho selaku Humas PDPHJ saat dikonfirmasi, Rabu (20/3/2019) menyampaikan, saat ini kios permanen ukuran 2 x 2 meter tersedia sebanyak 12 unit dan lapak meja batu ukuran 112 meter yang akan diproyeksikan pada 56 pedagang. Menurutnya, dari segi geografis letak Pasar Tozai saat ini sudah strategis, di samping jalan masuk dari Jalan Handayani dan Viyata Yudha.

“Pasar Tozai juga bisa dituju dari beberapa daerah sekitar karena sudah tersedianya infrastruktur jalan tembus, baik dari Nagahuta, Sibatu-batu maupun Pasar 5 Kabupaten Simalungun,” terang Julinar.

Dijelaskannya, dari segi tingkat kepadatan penduduk daerah, di sekitaran Pasar Tozai mengalami peningkatan yang signifikan. Sejak tahun 2000 lalu diperkirakan hampir 400 persen mengalami peningkatan. Ini ditandai dengan banyaknya penambahan pemukiman maupun perumahan KPR di seputaran Pasar Tozai.

“Ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan untuk pelayanan publik dan ini sudah kami diskusikan dengan instansi terkait. Antara lain membuka trayek baru angkutan umum, baik dari Nagahuta maupun arah Sibatu-batu. Faktor lainnya juga akses penerangan lampu jalan dan perbaikan infrastruktur jalan,” sebutnya.

Ditambahkan Julinar, untuk operasional Pasar Tozai, PDPHJ juga berupaya menyamakan harga kebutuhan pasar dengan Pasar Horas dan Dwikora. Caranya pihak PDPHJ akan menghadirkan pemasok kebutuhan pertanian dan perikanan untuk bongkar muat di Pasar Tozai.

Termasuk juga melibatkan grosir-grosir besar untuk ambil bagian dalam pengembangan usaha di Pasar Tozai. “Di sisi lain pihak PDPHJ telah membangun kerjasama dengan Bulog dalam hal pasar murah selama 3 bulan pertama yang nantinya waktu akan disesuaikan pihak PD PHJ dan Bulog,” ungkapnya.

Lanjutnya, setelah melengkapi syarat administrasi calon pedagang harus mengikuti ketentuan operasional dalam masa percobaan sebagai berikut, yakni :

  1. Para calon pedagang harus menyesuaikan jenis dagangan dengan tempat berdagang (penzonasian) yang telah ditentukan oleh PDPHJ.
  2. Para calon pedagang harus melakukan rutinitas (aktif) berjualan setiap hari
  3. Para calon pedagang tidak diperkenankan untuk memperjual belikan atau menyewakan kios kepada pihak lain.
  4. Para calon pedagang tidak diperkenankan untuk merubah bentuk kios tanpa seizin dari PDPHJ.
  5. Para calon pedagang tidak diperkenankan untuk meletakkan barang dagangan nelewati batas yang telah ditetapkan oleh PDPHJ.
  6. Para calon pedagang diharuskan menjaga kebersihan dan ketertiban pasar selama berjualan.
  7. Para calon pedagang harus mengikuti jam operasional Pasar Tozai yang telah ditentukan pihak PDPHJ.
  8. Para calon pedagang harus mematuhi aturan yang telah ditetapkan oleh PDPHJ.
  9. Para calon pedagang harus mematuhi ketentuan peraturan perundang-undangan.

Untuk sanksi, tambah Julinar, masa percobaan calon pedagang dilakukan selama 3 bulan, bagi calon pedagang yang tidak mengikuti ketentuan di atas, pihak PDPHJ berhak mengambil tindakan tegas  dikenakan sanksi sebagai berikut, yakni :

  1. Apabila calon pedagang tidak mengaktifkan kios/ lapaknya untuk berjualan selama 7 hari dalam masa percobaan, maka gugurlah haknya sebagai calon pedagang.
  2. Apabila calon pedagang mengabaikan ketentuan ketentuan diatas maka pihak PDPHJ dapat mengambil tindakan tegas.
  3. Pihak PDPHJ berhak mengalihkan lokasi berjualan tersebut ke pihak lain sesuai ketentuan.
  4. Bagi para calon pedagang yang mengingkari ketentuan di atas dan telah dinyatakan haknya gugur sebagai calon pedagang, maka deposit yang telah diserahkan akan dikembalikan sebesar 50 persen.

Untuk pedagang resmi, ujar Julinar, calon pedagang setelah menjalani masa percobaan selama 3 bulan dengan menjalankan ketentuan ketentuan yang telah ditetapkan oleh PDPHJ, maka dinyatakan sebagai pedagang resmi.

Calon pedagang yang dinyatakan resmi sebagai pedagang Pasar Tozai akan diberikan KPHSK (Kartu Pemegang Hak Sewa Kios). Sementara bagi pedagang yang telah memegang KPHSKdiperkenankan menjalin kemitraan dengan perbankan guna pengembangan usaha dengan sepengetahuan/izin dari pihak PDPHJ. (elisbet)