Pasca Jubelium 118 Tahun di Simalungun, Naposo GKPS Distrik V Aksi Berbagi Kasih

Pemberian bantuan sembako pada pemulung di TPA Jalan Baja.

Tebingtinggi, Lintangnews.com | Seseorang yang beragama tanpa kemanusiaan maka sia-sialah hidup dan ritualnya.

Kemanusiaan adalah manifestasi dari iman. Seperti kata Yakobus, ‘Iman tanpa perbuatan adalah sia-sia’.

Ini lah yang dilakukan Naposo Gereja Kristen Protestan Simalungun (GKPS) Distrik V, sekaligus memaknai pesta iman yakni datangnya pekabaran Injil di Kabupaten Simalungun pada 118 tahun silam, Senin (4/10/2021).

Bentuk aksi kemanusiaan yang dilakukan Naposo GKPS Distrik V ini adalah ‘Diakonia’ berupa pembagian sembako yang diperuntukkan bagi seluruh keluarga yang berkekurangan yakni tanpa membedakan agama dan warga kurang mampu, termasuk janda, duda dan lanjut usia (lansia).

Praeses GKPS Distrik V, Pdt Renni Damanik disela sela kegiatan di lokasi Tempat Pemungutan Sampah (TPS) Jalan Baja Kecamatan Padang Hilir mengatakan, kegiatan ini murni dari hati pemuda dalam berbagi kasih.

“Bukan saja warga di TPA menerima aksi kasih, tetapi juga abang tukang becak dan tukang parkir dari berbagai latar golongan.,” sebutnya.

Renni juga mengaku, aksi kasih ini tidak hanya dilakukan di Tebingtinggi, tetapi juga berbagai daerah se wilayah Distrik V meliputi 5 Kabupaten dan 1 Kota.

Sementara itu, Koordinator Naposo GKSP Distrik V, Rahel Purba mengaku, mereka tergerak untuk memberikan bantuan Diakonia kepada setiap anggota jemaat dan warga dari beda agama yang memang sangat perlu dibantu.

“Ini hasil patungan dari teman-teman pemuda, maka kami bisa berdiakonia,” tuturnya.

Dalam pembagian sembako itu, para pemuda tetap menjaga kesehatan mereka dengan memakai masker, selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah memberikan bantuan, serta tidak berjabat tangan dengan jemaat.

Sementara Lidya Sinaga utusan Jemaat GKPS Jalan Sisinggamangaraja mengaku, mereka tetap bergandeng tangan se Distrik V untuk tujuan mulia. (Purba)