Pasca Putusan MK, Bawaslu Tobasa Rekomendasikan Pindah Memilih

Komisoner Bawaslu Tobasa, Romson Purba.

Tobasa, Lintangnews.com | Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) menyampaikan, adanya putusan Mahkamah Konstitusi (MK) RI Nomor 20/PUU-XII/2019.

Hal ini dikatakan Komisioner Bawaslu Tobasa, Romson Purba, Sabut (6/4/2019). Menurutnya, putusan MK itu terkait pelaksanaan pengawasan terdapat proses penyusunan Daftar Pemilih Tetap Tambahan (DPTb), dan daftar pemilih yang memenuhi syarat (memiliki KTP Elektronik) dengan membuka pendaftaran layanan pindah memilih hingga 7 hari sebelum hari pemungutan suara.

“Bagi pemilih Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang mengalami keadaan tertentu, untuk itu disampaikan kepada masyarakat Tobasa, yang ingin pindah memilih dapat mengajukan permohonan pindah memilih,” sebut Romson.

Namun itu dilakukan dengan alasan 4 kategori yakni, mengalami sakit karena keadaan tidak yang terduga dan di luar kemampuan pemilih yang bersangkutan. Selanjutnya, tertimpa bencana alam dan menjadi tahanan karena melakukan tindak pidana, menjalankan tugas pada saat pemungutan suara.

“Selanjutnya Bawaslu akan merekomendasikan agar dapat menjadi pemilih di (DPTb) ke KPUD Tobasa paling lambat tanggal 10 April 2019 pada saat jam kerja,” ucap Romson. (asri)