Pasien Ibu Hamil Dirujuk Puskesmas ke RS HKBP Balige Tak Memakai Mobil Ambulance

Pasien yang akan melahirkan saat dibawa ke RS HKBP Balige.

Toba, Lintangnews.com | Pelayanan Puskesmas Habinsaran, Kabupaten Toba dalam merujuk pasien ke Rumah Sakit (RS) HKBP Balige mendapat sorotan tajam dari wartawan.

Sebelumnya Sabtu (16/5/2020) kemarin, beberapa wartawan berkunjung ke Puskesmas Habinsaran untuk konfirmasi pada Kepala Puskesmas (Kapus) terkait pencegahan Virus Corona (Covid-19) di Kecamatan Habinsaran.

Saat itu wartawan melihat ada pasien mau melahirkan bernama Susi Susanti Simanjuntak (29) warga Desa Sibunton, Kecamatan Habinsaran yang dirujuk ke RS HKBP Balige. Justru pasien dibawa dengan menggunakan mobil pick up.

Ini membuat wartawan langsung mengkonfirmasi kepada salah satu petugas Puskesmas Habinsaran bermarga Sitorus yang mengatakan, mobil ambulance dalam keadaan rusak.

Di tempat terpisah, Ketua DPRD Toba, Efendi Napitupulu mengatakan, pihaknya akan memanggil Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) dan mempertanyakan kenapa hal itu bisa terjadi.

“Karena seharusnya mobil ambulance itu harus standby di Puskesmas. Pimpinan Puskesmas Habinsaran juga bisa dievaluasi kinerjanya,” ujar politisi Partai Golkar ini.

Sementara Anggota DPRD Toba, Torang Hamonangan Sitorus juga mengatakan, pihaknya akan memanggil Kadinkes dan Kapus Habinsaran dalam waktu dekat ini.

Menurutnya, sudah banyak laporan kepada dirinya jika kinerja Kapus Habinsaran tidak bagus.

“Bila perlu Kapus Habinsaran dicopot dari jabatannya,” ujarnya. (Frengki)