Patuhi Prokes, Malam Takbiran Idul Adha di Asahan Berjalan Kondusif  

Bupati Asahan, Surya bersama Forkopimda melakukan patroli di malam takbiran.

Asahan, Lintangnews.com | Bupati Asahan, Surya, Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin Siregar, Kapolres, AKBP Putu Yudha Prawira bersamaForum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) melakukan patroli malam takbiran Hari Raya Idul Adha tahun 2021 ke sejumlah tempat, Minggu (19/7/2021) malam.

Keselamatan masyarakat dalam merayakan Idul Adha di tengah pandemi Covid-19 tetap menjadi prioritas utama di Kabupaten Asahan.

Dalam patroli itu, Forkopimda Asahan memastikan penerapan protokol kesehatan (prokes) pencegahan penyebaran Covid-19 terlaksana. Seperti dilakukan pada tujuan pertama dengan mendatangi Masjid Raya Jalan Imam Bonjol dan Masjid Al Hidayah Jalan Cokroaminoto.

Penerapan prokes yang dilakukan takmir Masjid untuk Sholat Idul Adha dicek jajaran Forkopimda. Mengenai ketersediaan tempat cuci tangan, handsanitizer, pengukur suhu tubuh, pengaturan shaf shalat yang tidak berdekatan antar jamaah, hingga pembatasan 50 persen dari kapasitas Masjid.

Bupati Surya mengatakan, penerapan prokes sesuai dengan himbauan bersama Forkopimda dengan Tokoh Agama dalam rangka pelaksanaan malam takbiran, Sholat Idul Adha dan kurban diharapkan dapat dilaksanakan dengan baik oleh masyarakat Asahan.

Dari hasil pantauan, poin-poin yang disampaikan dalam himbauan bersama itu dapat dipatuhi dan dipahami masyarakat.

“Saat ini, kita masih berjuang menekan penyebaran Covid-19. Maka dibutuhkan kerja sama yang baik antara pemerintah dengan masyarakat. Alhamdulillah semua dapat memahami. Karena dengan mematuhi aturan prokes, tidak mudik dan tak melakukan takbir keliling merupakan ikhtiar kita untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” ujar Bupati.

Sementara itu, terkait situasi keamanan dan ketertiban masyarakata (kamtibmas) di wilayah Kabupaten Asahan pada malam takbiran, menurut Kapolres berlangsung aman dan kondusif.

“Berbagai aturan larangan mudik, tidak ada takbir keliling, kerumunan masyarakat dan kesiapan tempat ibadah untuk shalat Idul Adha semua berjalan dengan baik. Kita tak lupa mengapresiasi peran serta masyarakat dalam membantu pemerintah menekan laju penyebaran Covid-19,” sebut AKBP Putu. (Heru)