Pedagang dan Pengunjung yang Suhu Tubuhnya di Atas 37,3°C Dilarang Masuk ke Pasar

Cek suhu tubuh pedagang (Ilustrasi).

Siantar, Lintangnews.com | Dalam Instruksi Wali Kota Nomor 5 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan PPKM Level 3, pelaksanaan kegiatan belajar mengajar masih dilakukan secara daring, walaupun dalam Inmendagri diizinkan untuk melakukan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) dengan beberapa syarat.

Hanya saja, ada beberapa kelonggaran yang bisa dibandingkan dari PPKM level 4 dengan level 3 ini, yakni supermarket, pasar swalayan dan kafe yang sebelumnya hanya boleh buka sampai pukul 20.00 WIB. Sementara di level 3 diperbolehkan buka sampai pukul 21.00 WIB.

Untuk mall dan pusat perbelanjaan lainnya, diberikan ijin membuka usaha dengan catatan pengunjung harus memiliki aplikasi peduli lindungi.

Dalam hal ini juga dibutuhkan peran dari Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan agar mewajibkan swalayan, mall dan pusat perbelanjaan lainnya untuk memiliki aplikasi peduli lindungi sebagai syarat operasi tempat usaha tersebut.

Mengenai pasar-pasar tradisional yang dinaungi Perusahaan Daerah Pasar Horas Jaya (PDPHJ), Wali kota menghimbau kepada Direksi menempatkan pegawaI di pintu keluar masuk untuk memantau penerapan protokol kesehatan (prokes). Bagi pedagang atau pun pengunjung yang suhu tubuhnya di atas 37,3°C tidak diperbolehkan masuk.

Peraturan-peraturan ini berlaku mulai tanggal 7-20 September 2021 mendatang, dengan catatan warga Kota Siantar yang melanggar hal-hal itu akan dikenakan sanksi sesuai peraturan yang berlaku. (Elisbet)