Peksal Irigasi UPT PSDA Bah Bolon Ikut Jadi ‘Korban’ Pungli

Kantor UPT Balai Pengelolaan Sumber Daya Air Bah Bolon Siantar-Simalungun.

Simalungun, Lintangnews.com | Ternyata tak hanya para Aparatur Sipil Negeri (ASN) yang bertugas di Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Provinsi Sumatera Utara Unit Pelaksana Tugas (UPT) Balai Pengelolaan Sumber Daya Air Bah Bolon Siantar-Simalungun di Jalan Asahan KM 3,5, Nagori Pematang Simalungun, Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun yang menjadi ‘korban’ pungutan liar (pungli).

Para ASN lainnya yang bertugas sebagai Penjaga Pintu Air (P2A) yang lazim disebut pekerja saluran (peksal) juga menjadi ‘korban’ pungli setiap Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) atau tunjangan kinerja (tukin) cair.

“Sama seperti kami P2A juga korban kutipan setiap pencairan TPP,” ungkap salah seorang sumber yang dikonfirmasi melalui telepon seluler, Minggu (22/8/2021).

Besaran yang dikutip dari masing masing P2A yang bertugas di sejumlah pintu air yakni, Kecamatan Tanah Jawa, Bahkora dan Siantar lebih kurang sebesar Rp 200 ribu setiap bulannya.

“Kalau pengutipan dari masing masing P2A melalui Ketua Ranting nya. Selanjutnya, Ketua Ranting yang menyetorkan ke oknum pejabat UPT, di antaranya Bendahara dan Kepala Tata Usaha (KTU),” bebernya.

Disebutkan, untuk total jumlah P2A di setiap Ranting yang menjadi ‘korban’ kutipan dan sudah lama berlangsung berkisar 10-15 orang. Ini terdiri dari 5 Ranting.

“Ada 1 orang Ketua Ranting yang tak mau lagi melakukannya karena takut dan tak mau nanti tambah urusannya. Jadi disuruhnya anggotanya yang P2A supaya langsung saja setor ke oknum pejabat di UPT,” sebutnya.

Sementara, Heri Handoko yang disebut sebagai KTU UPT Bah Bolon wilayah Siantar-Simalungun yang coba dikonfirmasi wartawan melalui pesan singkat tak ada balasan.

Sebelumnya, Nasrul selaku Bendahara Dinas Pengairan PSDA Sumut melalui pesan singkat menyampaikan, agar hal itu dipertanyakan ke Bagian Pegawaian.

“Pak masalah potongan bpk tanya bag kepegawain pak Pinem namanya,” tulisnya melalui pesan singkat. (Zai)