Pelajar SMA Jadi Pengantin di Pasar Kamu Denai Lama  

Pelajar SMA saat menjadi pasangan pengantin.

Deli Serdang, Lintangnews.com | Para pengunjung di Pekan Sarapan Pagi Pasar Kamu Kawan Lama, Desa Denai Lama, Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Deli Serdang, Minggu (10/10/2021) mendadak heboh.

Pasalnya sedang asyik-asyiknya menikmati sarapan pagi di lokasi itu, muncul rombongan pengantin pria mengenakan pakaian tradisi adat Jawa membawa kembar Mayang berjalan diiringi musik gamelan.

Sementara di sisi lain lokasi, tampak pula rombongan pengantin wanita juga mengenakan pakaian adat Jawa menanti kedatangan pengantin pria. Usai bertemu, terjadi prosesi lempar bunga yang merupakan adat tradisi Jawa dipimpin dalang Wak baris. Selanjutnya di lakukan prosesi adat lainnya.

Melihat hal itu, para pengunjung yang hadir langsung mendekat ke tempat pertemuan pengantin, sembari mengabadikan moment tersebut. Namun prosesi pertemuan pengantin adat Jawa itu bukan sebenarnya.

Ini merupakan pagelaran seni adat budaya pengantin Jawa yang diperankan Wintang sebagai pengantin pria dan Revi pengantin wanita. Keduanya masih berstatus pelajar SMA.

Ketua Pengelola Pekan Sarapan Pasar Kamu, Dedi Sopian menuturkan, Pagelaran seni budaya mempertemukan pengantin adat Jawa yang dilaksanakan ini merupakan program dari pihaknya untuk membuat inovasi, sekaligus memanjakan pengunjung dengan ide-ide kreatif.

“Pagelaran seni budaya pengantin ini juga memberi edukasi bagi masyarakat maupun pengunjung yang datang bagaimana melaksanakan pesta adat perkawinan adat budaya Jawa yang seharusnya,” kata Dedi.

Hal ini juga untuk melestarikan dan mewariskan adat budaya Jawa. “Rencananya Minggu depan kita buat pagelaran perkawinan adat budaya Melayu, sekaligus prosesi Nasi hadap-hadapan,” ujar Dedi.

Bagi mengunjung yang ingin menyaksikan pagelaran prosesi perkawinan adat budaya Melayu boleh datang pada Minggu depan.

“Intinya pagelaran seni budaya ini untuk memperkenalkan budaya Jawa dan Melayu, dengan beberapa prosesi kepada pengunjung yang datang ke Pekan Sarapan Pagi,” papar Dedi. (Idris)