Pelaku Pencurian di Kantor Cabang Dinas ESDM Sumut Diamankan Polsek Siantar Martoba

Para pelaku saat diamankan Polsek Siantar Martoba.

Siantar, Lintangnews.com | Polsek Siantar Martoba melakukan penangkapan pelaku kasus tindak pidana pencurian dengan pemberatan (curat), sebagaimana dimaksud dalam pasal 363 ayat (1) ke 3e, 4e dan 5e KUHPidana.

Ada pun tersangka yakni, Heri Irawan alias Heri, (41), warga Desa Sumber Padi, Kecamatan Limapuluh, Kabupaten Batubara dan Fransisco Angga Boy Manurung alias Angga, (29), warga Jalan Abdul Rahman Lubis, Kelurahan Tebingtinggi, Kecamatan Padang Hilir, Kota Tebingtinggi.

Turut diamankan barang bukti berupa 1 buah kotak komputer Asus UN3091, 1 unit komputer Asus UN3091, 1 buah mouse, 1 buah keyboard, 2 buah linggis, 1 buah senter, 2 buah obeng, 1 buah tang, dan 2 buah kunci letter T.

Kejadian berawal pada Jumat (23/7/2021), saksi Syachrady Syawal Harianja dan Ramadana datang ke kantor Cabang Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Sumatera Utara di Jalan Rakutta Sembiring, Kecamatan Siantar Martoba, Kota Siantar.

Keduanya melihat pintu kantor sudah terbuka. Kemudian melakukan pengecekan di kantor dan melihat 1 unit komputer merk Asus UN3091, mouse dan keyboard sudah tidak ada lagi di dalam ruangan.

Akibat kejadian itu, kantor Cabang Dinas ESDM mengalami kerugian sebesar Rp 10.000.000. Kedua saksi lalu melaporkan kejadian itu ke Polsek Siantar Martoba.

Sementara itu tertangkapnya pelaku pada Sabtu (24/7/2021) sekira pukul 20.00 WIB dilakukan Unit Reskrim Polsek Siantar Martoba dipimpin Iptu BR Simanjuntak. Petugas mendapat informasi, pelaku pencurian akan menjual barang curian berupa komputer, mouse dan keyboard.

Ini membuat salah seorang petugas Unit Reskrim Polsek Siantar Martoba melakukan penyamaran sebagai pembeli barang curian tersebut.

Selanjutnya petugas dan pelaku sepakat bertemu di Jalan Merdeka Simpang Jalan Cokroamikoto, tepatnya di salah satu rumah makan.

Sekira pukul 21.30 WIB, petugas melihat kedatangan kedua pelaku di rumah makan tersebut. Petugas langsung mendekati pelaku untuk melakukan penangkapan terhadap kedua pelaku.

Namun saat akan ditangkap, salah seorang pelaku Heri menusukkan kunci letter T kepada salah seorang petugas.

“Petugas langsung mengamankan pelaku dan barang bukti. Kemudian kedua pelaku dan barang bukti dibawa ke Polsek Siantar Martoba untuk diproses sesuai dengan hukum yang berlaku,” tutup Kapolsek Siantar Martoba, AKP Amir Mahmud, Senin (26/7/2021). (Elisbet)