Pelanggaran Protokol Kesehatan Dominan dalam Operasi Toba 2020 di Taput

Personil Sat Lantas Polres Taput mengenakan masker pada salah seorang pengedara sepeda motor.

Taput, Lintangnews.com | Walaupun anjuran dan himbauan pentingnya menaati protokol kesehatan agar perkembangan Covid-19 atau Virus Corona bisa berakhir, namun masih banyak ditemukan di lapangan masyarakat yang lalai atau tidak mau tau betapa pentingnya aturan itu untuk dipatuhi.

IKLAN

Pemerintah pusat dan pemerintah daerah selalu menghimbau masyarakat melalui media elektronik, media cetak, media online dan media sosial (medsos) agar patuh untuk mengikuti aturan dalam setiap aktivitas.

Anehnya himbauan itu sepertinya terabaikan. Hal ini terbukti dalam Operasi Patuh Toba Tahun 2020 yang berlangsung selama 14 hari dilakukan Polres Taput ditemukan banyak pengendara maupun penumpang kendaraan yang tidak menggunakan masker saat berpergian.

Kapolres, AKBP Jonner Samosir melalui Kasubbag Humas, Aiptu W Baringbing menjelaskan, selama Operasi Patuh Toba 2020 di wilayah hukum (wilkum) Polres Taput, pihaknya memberikan masker 1.500 helai masker pada masyarakat pengguna kendaraan di jalan raya.

“Sudah 6 bulan aturan protokol kesehatan berlangsung akibat pandemi Covid-19, masih kita temukan 1.500 orang pengguna kenderaan yang tidak menggunakan masker. Ini lah fakta di lapangan yang kita temukan,” papar Aiptu W Baringbing.

Menurutnya, apabila dibandingkan jumlah pelanggar aturan lalu lintas (lalin) di jalan raya dinilai jauh berbeda dengan banyaknya pelanggar protokol kesehatan.

Aiptu W Baringbing menuturkan, selama 14 hari Operasi Patuh Toba 2020 yang berlangsung sejak 23 Juli-5 Agustus 2020, pelanggar aturan lalin yang ditilang hanya 50 orang.

Sedangkan pengendara yang mendapatkan teguran sebanyak 230 orang dan kasus kecelakaan lalu lintas (laka lantas) nihil.

Operasi Patuh Toba kali ini berbeda konsepnya dengan tahun-tahun sebelumnya, akibat pandemi Covid-19, sehingga pihak Kepolisian berperan untuk menghimbau pengendara agar selalu mengikuti protokol kesehatan.

“Kita juga sudah siapkan masker saat operasi di jalanan, untuk diberikan pada pengendara maupun penumpang yang tidak menggunakan apabila ditemukan di lapangan. Jadi bukan di tindak hanya kita himbau dan diberikan masker untuk mengingatkan,” sebut Aiptu W Baringbing.

Dia menuturkan, Polres Taput juga mengharapkan mari secara bersama-sama mengikuti aturan pentingnya protokol kesehatan.

“Mari perduli dengan diri sendiri, keluarga dan teman-teman dengan setia mengikuti protokol kesehatan. Artinya kita sudah ikut berpartisipasi memutus perkembangan wabah Covid-19,” paparnya mengakhiri. (Gihon)

IKLAN