Pelantikan Gapenta Asahan, Dir Narkoba Ajak Berpacu dengan Waktu Perangi Narkoba

Ketua Umum Gapenta Pusat Brigjen (Purn) Parasian Simanungkalit saat melantik kepengurusan Gapenta Asahan periode 2018-2022. 

Asahan, Lintangnews.com | Direktur Narkoba Polda Sumut, Kombes Hendrik Marpaung mengajak bersama-sama perangi narkoba, karena berpacu dengan waktu .

Ini disampaikan Kombes Hendrik dalam pelantikan pengurus Gerakan Nasional Peduli Anti Narkoba, Tawuran dan Anarkis (Gapenta) Kabupaten Asahan, Rabu (14/11/2018) di salah satu gedung hotel di Kota Kisaran.

“Semua pihak harus berpacu dengan waktu dalam memerangi sindikat narkoba yang ada saat ini. Karena ini tidak mengenal siapa dan apa kita untuk turut terjerat dalam dunia narkoba,” sebut Kombes Hendrik.

Menurutnya, perkembangan narkoba secepat informasi saat ini, sehingga harus berpacu dengan waktu mengatasinya. Lanjutnya, diperlukan kerja sama antara pihak Kepolisian dan masyarakat.

Kombes Hendrik juga menyampaikan, 75 persen penghuni Lembaga Permasyarakatan (Lapas) di Sumatera Utara terkait kasus narkoba. Bahkan Sumatera Utara merupakan rangking pertama terkait kasus narkoba, dengan pemasoknya berasal dari Tanjungbalai, Asahan dan Batubara.

“Polisi daerah itu terlalu ramah, sehingga di Medan terungkapnya. Maka beri informasi kepada petugas, karena pelapor dilindungi Undang-Undang (UU) dan bangunkan anggota kami,” ujarnya.

Dir Narkoba Poldasu, Kombes Hendrik Marpaung saat menyampaikan pidato sambutannya.

Dia juga mengatakan, pengguna dan pengedar narkoba akan menghadapi 3 hal yakni, pertama tretmen (rehab), hukum dan meninggal dunia. Menurutnya, narkoba sudah tahap khawatir, sehingga perlu kerja sama untuk memerangi peredaran dan pengguna barang haram itu.

“Saat ini sudah tahap khawatir terkait narkoba, maka bersama kita memerangi dan melaporkan kepada pihak berwajib baik Kepolisian maupun Badan Narkotika Nasional (BNN),” ujar Kombes Hendrik yag mengakui telah bertugas selama 1 tahun 3 bulan di Poldasu.

Sementara itu, Ketua Gapenta Kabupaten Asahan, Toni Fahrozi menyampaikan agar bersama-sama peduli untuk menyatukan tekad, sehingga dapat memberikan sumbangsihnya dalam organisasi yang dia pimpin.

“Gapenta Asahan siap bekerja sama dengan pihak Kepolisian dan pemerintahan khususnya di Asahan. Itu untuk mewujudkan Asahan Sehat, Cerdas, Mandiri dan Religius,” ujar Toni. (handoko)

Pelantikan itu dihadiri Ketua Umum Gapenta Pusat, Brigjen (Purn) Parasian Simanungkalit, Wakapolres Asahan, Kasat Narkoba, perwakilan Ketua MUI, Ketua FKUB Asahan, mewakili Kodim 0208/ Asahan dan undangan lainnya.