Pembangunan di Sidomulyo Asahan Diapresiasi

Jalan rabat beton yang dibangun di Desa Sidomulyo menggunakan dana desa.

Asahan, Lintangnews | Bergulirnya dana desa yang merupakan program unggulan Presiden Joko Widodo membuat Desa di Indonesia bisa membangun sesuai dengan kebutuhan.

Kondisi ini juga terjadi di Desa Sidomulyo, Kecamatan Tinggi Raja  Kabupaten Asahan, Sumatera Utara. Dimana setelah dana itu cair, pihak Pemerintah Desa mengutamakan infrastuktur untuk menunjang transportasi warga dan salah satunya pembangunan jalan rabat beton.

Tidak hanya itu saja, selain rabat beton juga ada pembangunan drainase yang dibangun di Desa Sidomulyo.

Mulyanto salah seorang warga Desa Sidomulyo mengatakan, program dari Kepala Desa (Kades) Sunardi adalah keinginan dari masyarakat berdasarkan Musyawarah Desa. Sehingga yang dibangun itu murni keinginan masyarakat.

Menurutnya, warga setempat mendukung dan mengapresiasi kinerja Kades Sidumolyo.

“Apa yang dibangun menggunakan dana desa itu murni keinginan warga. Sampai saat ini kami sebagai warga mendukung kinerja Kades dan mengapresiasi beliau, karena yang dikerjakan memang sesuai aturan yang ada,” tegasnya, Senin (22/7/2019).

Pihaknya berterima kasih atas kinerja Sunardi semenjak menjabat sebagai Kades baru 3 tahun sudah banyak perubahan di desa mereka. Ini mulai dari infrastruktur jalan dan drainase sangat membantu warga.

Seperti pembangunan jalan rabat beton di Dusun VII Sidomulyo Bawah, drainase di Dusun VI Semegol Atas dan Dusun VII Semegol Bawah. dengan adanya pembangunan jalan rabat beton itu sangat membantu, mulai menjadi akses menuju ke Dusun dan Desa lain.

Ditambahkan Mulyanto, jika rabat beton itu membantu untuk dilalui warga mengangkut hasil pertanian dan akses anak sekolah.

Sunardi mengatakan, jika pembangunan  ini fokus ke infrastuktur, di antaranya pembangunan rabat beton dan drainase, yang bertujuan untuk memperlancar transportasi warga

“Dan alhamdulilah sampai saat ini sudah selesai,” ujarnya.

Lanjutnya, jika program pembangunan yang menggunakan dana desa membuat Pemerintah Desa bisa membangun sesuai dengan kebutuhan dan harapan masyarakat.

Apalagi selain bisa menambah income bagi masyarakat, program dana desa bisa membuat desa membangun sesuai kebutuhan yang dibutuhkan, terutama infrastuktur.

Sunardi berharap, agar masyarakat dapat membantu program ini, sehingga yang dibangun di desa dapat berjalan dengan baik.

“Saya sangat berharap kepada masyarakat agar dapat membantu proses pembangunan ini dengan baik. Sehingga pembangunan dapat berjalan dengan baik pula,” harapnya.

Sementara itu Camat Tinggi Raja, Syaiful Pasaribu mengatakan, untuk peningkatan dan pemanfaatan dana desa tepat sasaran, pihak kecamatan  selalu memberikan pembinaan dan monitoring terhadap pembangunan infrastruktur di desa.

“Sehingga dari pembangunan tersebut dapat meningkatkan perekonomian masyarakat,” ucapnya. (Handoko)