Pembangunan Jalan ke Wisata Pasir Putih Dilakukan Secara Bertahap

Kabid Jalan dan Jembatan, Sikkat Sitompul.

Tobasa, Lintangnews.com | Mengingat Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) yang terbatas, maka pembangunan infrastruktur menuju obyek wisata Pantai Pasir Putih Parparean, Kecamatan Porsea akan dibangun secara bertahap.

Ini disampaikan Kepala Bidang (Kabid) Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Sikkat Sitompul, Senin (18/3/2019), di ruangannya.

Dia mengatakan, anggaran yang ditampung untuk pembangunan jalan lapisan penetrasi (lapen) sekitar 300 juta, sehingga tidak mencukupi untuk pembangunan jalan dari simpang Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum).

Kondisi jalan menuju Pantai Pasir Putih.

“Anggaran sebesar itu hanya mampu membangun jalan lapen, dari simpang masuk menuju Pantai Pasir Putih, meskipun nantinya ditampung di Perubahan (P)-APBD Tobasa, dananya terlalu kecil,” sebut Sikkat.

Menurutnya, solusi yang mereka ambil, pembangunan jalan dari simpang Jalinsum, depan RSUD Porsea hingga simpang masuk pantai pasir putih, dibangun secara bertahap akan diusulkan dianggarkan di APBD 2020.

“Karena jalan yang menuju RSUD Porsea, membutuhkan anggaran lebih besar, sebab jalan tersebut tidak layak hanya dengan lapisan penetrasi (lapen). Tetapi jalan menuju RSUD Porsea layaknya dihotmix , untuk menambah daya tarik tujuan obyek wisata, sehingga diminati wisatawan,” sebut Sikkat. (asri)