Pemberhentian Hefriansyah, Publik Menunggu Political Will dari DPRD Siantar

Kepala Daerah (ilustrasi).

Siantar, Lintangnews.com | Pasca kedatangan Susanti Dewayani selaku Wakil Wali Kota Siantar beberapa waktu lalu, membuat publik menunggu political will dari DPRD untuk menyelenggarakan paripurna pemberhentian.

Dalam hal ini, DPRD Siantar disebut tinggal menjadwalkan kapan paripurna digelar. Dengan mengajukan kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), melalui Gubernur Sumatera Utara.

“Langkah pertamanya, DPRD Siantar harus melaksanakan paripurna. Kapan dilaksanakan hal itu, maka kembali pada political will. Dan berhubungan erat dengan soal strategi dari DPRD juga, termasuk soal bargaining secara politik yang harus mereka tuntaskan dengan Susanti. Artinya tidak ada masalah dengan hal itu, politik itu cenderung berbicara keseimbangan antara eksekutif dan legislatif ketika pemerintahan berjalan,” sebut Muldri Pasaribu selaku Akademisi dari Universitas Simalungun (USI) saat dikonfirmasi, Kamis (30/9/2021).

Menurut Muldri, dalam menjalankan pemerintahan di Siantar, baik eksekutif dan legislatif harus berjalan sinergis. Momentum ini, merupakan waktu yang tepat membangun hubungan yang baik antara DPRD dengan Susanti.

“Dengan kedatangan Susanti, dia telah membuka diri. DPRD Siantar telah menerima dengan baik dan diterima dengan baik, maka hal itu langkah yang bagus. Tinggal melanjutkan saja,” tutur dosen Pasca Sarjana USI ini. (Elisbet)