Pemeliharaan Pabrik Tahunan di Masa Pandemi, PT TPL Berkomitmen Terapkan Prokes

Penerapan prokes yang dilakukan pihak PT TPL dalam kegiatan pemeliharaan pabrik tahunan.

Toba, Lintangnews.com | Bertujuan menjaga dan menghindari adanya kerusakan mesin dalam pabrik, PT Toba Pulp Lestari Tbk (TPL) setiap tahunnya rutin melakukan pemeliharaan.

Hal ini juga bertujuan untuk memastikan kemampuan produksi pabrik dapat memenuhi kebutuhan sesuai dengan rencana produksi.

Demi kelancaran kegiatan pemeliharaan pabrik, PT TPL bekerja sama dengan tenaga kerja baik tenaga kerja lokal sekitar Kabupaten Toba dan luar daerah sebanyak 1.600 orang mitra pekerja.

Dalam masa pandemi ini, kegiatan pemeliharaan pabrik tahunan tetap dilakukan mulai tanggal 2 hingga 12 Maret 2021, dengan berkomitmen untuk menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat dan dipantau Tim Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Toba, Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) dan para tokoh masyarakat Kecamatan Parmaksian.

PT TPL berkomitmen untuk menerapkan prokes bagi karyawan, mitra kerja dan seluruh penghuni komplek perumahan perusahaan. Ini dimulai dari menerapkan mencuci tangan sebelum memasuki komplek perusahaan dan saat akan keluar dari komplek.

Selanjutnya pengecekan suhu tubuh sebelum dan sesudah memasuki wilayah perusahaan, memakai masker selama dalam wilayah komplek perusahaan, serta menjaga jarak dalam setiap aktivitas perusahaan.

Di setiap akses masuk dan keluar dalam wilayah operasional perusahaan telah disediakan wastafel portabel dan pengecekan suhu di bawah 37,5 celsius oleh tim yang telah ditetapkan. Tak hanya itu, PT TPL juga akan secara rutin melakukan penyemprotan disinfektan di wilayah operasional pabrik.

Camat Parmaksian, Paiman Butarbutar mengatakan, dengan adanya kegiatan pemeliharaan pabrik tahunan ini diharapkan agar tidak menjadi pemicu adanya klaster baru Covid-19.

“Diharapkan dengan komitmen perusahaan, karyawan, serta mitra kerja yang terus menerapkan prokes ini, dapat meminimalisir ancaman virus Covid-19, sehingga kegiatan dapat berjalan dengan aman,” ucap Paiman, Rabu (3/3/2021).

Kepala UPT Puskesmas Parmaksian, Marlon Tambunan yang turut dalam pemantauan pelaksanaan kegiatan pemeliharaan pabrik menuturkan hal ini dilakukan untuk pencegahan penyebaran Covid-19 di wilayah Kecamatan Parmaksian. Ini karena banyaknya pendatang yang akan masuk ke wilayah Kecamatan Parmaksian.

“Pandemi tidak dapat kita hindarkan, tetapi diharapkan dengan kesadaran dan kepedulian masyarakat untuk menerapakan prokes semoga dapat mencegah penyebaran Covid-19, khususnya di wilayah Lecamatan Parmaksian,” ujar Marlon.

Mewakili Manajemen PT TPL, Tagor Manik mengatakan, pihaknya akan menerapkan prokes secara ketat selama masa pemeliharaan pabrik tahunan ini.

“PT TPL akan menjalankan prokes bagi seluruh penghuni komplek perusahaan tanpa terkecuali. Komitmen ini dilakukan agar pemeliharaan pabrik dapat berjalan dengan lancar, tanpa mengakibatkan adanya penyebaran Covid-19 selama kegiatan berlangsung,” sebut Tagor. (Rel)