Pemilihan BKD DPRD Humbahas Unik, Anggota Fraksi Hanura Memilih Calon Lain

Suasana voting pemilihan Anggota BKD DPRD Humbahas.

Humbahas, Lintangnews.com | Rapat paripurna DPRD Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) dengan agenda membahas perubahan anggota Alat Kelengkapan Dewan (AKD) dalam pemilihan anggota Badan Kehormatan Dewan (BKD), Jumat (12/8/2022) berlangsung unik setelah dilakukan voting.

Pasalnya, dari antara 5 fraksi yakni Fraksi Hanura yang memiliki hak suara dengan mengusulkan satu calon anggota untuk duduk di BKD, malah calon yang didukung yakni Muslim Simamora memiliki sudut pandang berbeda dalam menentukan hak suaranya. Muslim malah menentukan hak suaranya ke calon anggota dari Fraksi Golkar, yakni Bantu Tambunan.

Ditemui usai paripurna, Muslim yang diusulkan sebagai calon dari Fraksinya, malah tidak banyak berkomentar. “Gak usah kita bahas lae,” katanya singkat sembari menuju mobilnya.

Disinggung bagaimana nanti tanggapan Ketua DPC Hanura Kabupaten Humbahas, Irwan Simamora, Muslim mengaku, siap menerima konsekuensinya. “Siap kita lae,” ujarnya sembari tersenyum.

Sementara, Martini Purba anggota Fraksi Hanura menyayangkan sikap Muslim memiliki sudut pandang yang berbeda dalam menentukan hak suaranya.

“Itu lah saya pun bingung. Sampai saya menunggu karena ada calon kami untuk duduk di BKD,” kesalnya.

Sedangkan, Ketua Fraksi Hanura, Rosdiana Sanggul Manalu mengatakan, hal tersebut menyangkut pribadi Muslim.

“Ya mau bagaimanalah saya bilang. Awalnya juga kita sudah tidak ada rencana lagi untuk menjadi AKD, dalam hal ini BKD. Namun dia (Muslim) mungkin terbuka hatinya untuk mau jadi salah satu anggota BKD, ya sudah kita dukung,” katanya.

Dikatakan, karena ada permintaan Muslim, Fraksi Hanura mengusulkan dirinya untuk calon anggota BKD san pihaknya mendukung penuh.

“Kalau kita dari fraksi mendukungnya, sekarang bagaimana pribadinya dia dengan pak Bantu ya itu urusan merekalah. Itu lah politik,” kata Sanggul sembari meninggalkan wartawan menuju mobilnya.

Terpisah, Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris DPRD Humbahas, Makden Sihombing membenarkan ada hak suara Fraksi Hanura mengusulkan 1 orang calon untuk anggota BKD. “Ya benar, ada calon mereka pak Muslim Simamora,” kata Makden.

Namun, dari voting, Muslim bersama Fraksi Hanura memilih Bantu Tambunan.

Makden mengatakan, sebelumnya rapat paripurna dalam pemilihan anggota BKD, sempat 2 kali dilakukan skor. Pertama karena tidak qourum. Kedua sebanyak 5 fraksi yang mengusulkan calon anggota BKD, meminta untuk kelima calonnya duduk di BKD.

Padahal, dalam pemilihan anggota BKD telah diatur dalam tata tertib (tatib) DPRD Humbahas. Dalam tatib, bahwa duduk di BKD diisi 3 orang. Sementara, 5 fraksi mengusulkan masing-masing 1 orang calon anggota untuk duduk di BKD.

Yakni, Fraksi PDI-Perjuangan Kepler Torang Sianturi, sementara fraksi gabungan yakni Gerindra Demokrat, Jimmy Togu Purba, Fraksi Persatuan Solidaritas, Poltak Purba dan Fraksi Golkar, Bantu Tambunan.

“Karena 5 fraksi yang mengusulkan untuk duduk di BKD, sementara BKD hanya 3 orang, hingga akhirnya voting,” terang Makden.

Dikatakan Makden, dari 5 fraksi itu, secara otomatis calon dari Fraksi PDI-Perjuangan, Kepler Torang Sianturi, dan Fraksi Gerindra Demokrat, Jimmy Togu Purba duduk menjadi anggota BKD dikarenakan tidak duduk di AKD lainnya.

Kemudian, dilakukan voting untuk memilih 3 fraksi untuk mendampingi 2 anggota BKD tersebut. Usai dilakukan voting, suara Bantu Tambunan paling terbanyak sebanyak 16 suara, sedangkan Poltak Purba hanya 8 suara.

Sementara suara Fraksi Hanura nol, sama sekali kosong. “Terpilihlah disitu untuk Bantu 16 suara, sedangkan Poltak 8 suara. Maka ditetapkan lah Bantu duduk di BKD,” terangnya.

Lanjutnya, pemilihan Ketua BKD dan Wakil Ketua akan dilakukan, Senin (15/8/2022) mendatang. (JS)