Pemilik Toko Pasar Porsea Fasilitasi Tempat Cuci Tangan untuk Pembeli  

Seorang ibu mencuci tangan saat akan berbelanja di Pasar Porsea.

Toba, Lintangnews.com | Seperti biasa setiap hari Rabu, digelarnya pasar rakyat atau pekanan di Pasar Porsea, Kecamatan Porsea, Kabupaten Toba.

Untuk mengantisipasi penyebaran wabah Virus Corona atau Covid-19, para pedagang fasilitasi tempat cuci tangan bagi setiap pembeli di depan tokonya, Rabu (1/4/2020).

Ini merupakan bentuk kesadaran dari pedagang di Pasar Porsea memberikan fasilitas kepada pembeli. Sebelum belanja di toko, pembeli harus melakukan cuci tangan dengan sabun dan bilas dengan air.

Seperti dikatakan pemilik toko, S Sitorus, jika fasilitas cuci tangan ini untuk setiap pembeli yang akan belanja agar mereka mencuci tangan. Setelah itu baru bisa berbelanja.

“Kesadaran harus datang dari masyarakat untuk mendukung pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran Virus Corona. Salah satu cara, kita sebagai pemilik toko memberikan fasilitas tempat cuci tangan bagi setiap pembeli,” kata Sitorus.

Lanjut dia, meskipun pemerintah dan perusahaan telah memberikan fasilitas balltank sebanyak 7 unit untuk cuci tangan, tidak akan cukup untuk seluruh pembeli di Pasar Porsea.

“Kita berharap dengan fasilitas cuci tangan yang tersedia, dapat memutus mata rantai penyebaran Virus Corona. Setidaknya kita berupaya melakukan pola hidup bersih, dengan cuci tangan sebelum membeli dan sesudah membeli,” pungkas Sitorus.

Terpisah, salah seorang pembeli Yenti Silaban, menyambut baik apa yang dilakukan pemerintah dan pemilik toko, dengan fasilitas cuci tangan.

“Dalam keramaian seperti ini, sangat rentan terpapar Virus Corona. Setidaknya dengan cuci tangan merupakan antisipasi mengatasi virus itu,” kata Yenti (Asri)