Pemkab Apresiasi Prestasi TP PKK Humbahas

Wakil Bupati Humbahas, Saut Parlindungan Simamora saat memberikan sambutan pada rapat konsultasi TP PKK di Pendopo Bukit Inspirasi Doloksanggul, Jumat (25/1).

Humbahas, Lintangnews.com | Pemkab Humbang Hasunsutan (Humbahas) menyampaikan apresiasi luar biasa atas prestasi yang diraih TP PKK ditingkat Provinsi Sumut selama tahun 2018 lalu.

Ungkapan apresiasi itu disampaikan Wakil Bupati Humbahas, Saut Parlindungan Simamora dalam rapat konsultasi TP PKK Kabupaten setempat, Jumat (25/1/2109) di Pendopo Bukit Inspirasi Doloksanggul.

Saut menjelaskan, prestasi yang diraih yaitu Desa Batunajagar, Kecamatan Sijamapolang meraih juara II tingkat Sumut kategori lingkungan bersih dan sehat.

Selanjutnya Desa Sihotang Hasugian Dolok II, Kecamatan Parlilitan meraih juara II kategori perilaku hidup bersih dan sehat. Desa Mungkur Kecamatan Tarabintang meraih juara harapan I kategori program terpadu peningkatan peranan wanita melalui keluarga sehat sejahtera.

“Prestasi ini jadikan sebagai motivasi untuk mengejar prestasi-prestasi yang lebih baik lagi di masa mendatang. Ini bisa terwujud apabila TP PKK bekerja sama dengan Pemkab Humbahas khususnya Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait. Sehingga terjadi sinergitas antara PKK sebagai mitra kerja pemerintah dalam pemberdayaan kesejahteraan masyarakat,” sebut Saut.

Wakil Bupati mengharapkan kepada OPD terkait selaku anggota pembina supaya proaktif mendukung program kerja TP PKK.

Di mana tahun ini, telah ditetapkan 10 Desa percontohan PKK tingkat Kabupaten dan 5 Desa diperlombakan ke tingkat provinsi.

Ketua TP PKK Humbahas, Lidia Kristina Dosmar Banjarnahor juga mengapresiasi kegiatan PKK tahun 2018 lalu l, termasuk partisipasi OPD terkait. Sehingga mampu meraih beberapa prestasi baik itu tingkat nasional dan Provinsi Sumut, walaupun masih ada yang dibenahi bersama-sama kedepannya.

“Program PKK bisa terlaksana dengan baik, apabila dilakukan berdasar pada program yang telah direncanakan dengan baik, realistis dan terukur dengan dinamika yang sedang dihadapi dewasa ini,” sebutnya.

Lidia menuturkan, kegiatan PKK telah banyak dicapai, namun masih memerlukan upaya konkrit dalam memberikan kontribusi yang nyata terhadap cakupan pelayanan yang telah dilakukan.

Khususnya kepada masyarakat dan keluarga miskin. PKK harus semangat untuk berkarya dan berkontribusi di tengah-tengah masyarakat.

Lidia menjelaskan, banyak program PKK yang harus dilaksanakan pada tahun ini, antara lain mengadakan lomba kebersihan se Kabupaten Humbahas dengan tema ‘5P’ yaitu, Paias Roham, Paias Pamatangmu, Paias Paheanmu, Paias Bagasmu dan Paias Alamanmu.

Program inilah yang terlebih dahulu diwujudkan, sehingga bisa melangkah lebih jauh lagi untuk melaksanakan tugas-tugas yang lain. (akim)