Pemkab Asahan Rakor Kesiapan Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19

Bupati Asahan, Surya memimpin rapat koordinasi pemberian vaksin Covid-19.

Asahan, Lintangnews.com | Pemkab Asahan menyatakan kesiapan menindaklanjuti arahan Presiden Republik Indonesia terkait pemberian vaksin Covid-19 secara serentak yang dijadwalkan mulai digelar 13 Januari untuk pusat dan berlanjut di daerah pada tanggal 14-15 Januari.

Hal ini disampaikan Bupati, Surya saat memimpin rapat koordinasi (rakor) kesiapan Pemkqb Asahan pada pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dihadiri Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait antara lain, Sekretaris Daerah (Sekda), Jhon Hardi Nasution, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo), Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Dinas Sosial, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Kepala Bapenda dan Direktur Utama (RSUD) HAMS Kisaran, Minggu (9/1/2021).

Surya mengatakan, Pemkab Asahan pada hakikatnya telah siap melaksanakan program vaksinasi itu dari sisi teknis pelaksanaan.

Namun demikian, Surya mengaku, jika pihaknya kini memberikan perhatian khusus pada sosialisasi, khususnya untuk masyarakat di daerah Asahan.

“Untuk itu saya sudah diinstruksikan ke dinas terkait agar memaksimalkan penyampaian informasi ke masyarakat terkait pelaksanaan vaksinasi gratis ini. Termasuk secara massif mensosialisasikan sasaran vaksin Covid-19 gratis, yang diawali pada 3 kelompok masyarakat, sehingga mereka (masyarakat) lebih yakin vaksin ini aman,” ujar Surya.

Bupati juga mengajak seluruh masyarakat Asahan untuk sama-sama mendukung program pemberian vaksin tersebut. Mengingat hal itu salah satu upaya pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Surya juga mengajak seluruh OPD, pejabat terkait dan Tokoh Masyarakat di Asahan untuk mendukung program vaksinasi itu.

“Tetapi juga tetap diingatkan tentang pentingnya pencegahan penyebaran Covid-19, terutama terkait 3M, karena mencuci tangan, menggunakan masker dan menjaga jarak dari kerumunan, juga menjadi salah satu cara efektif terhindar dari Virus Corona,” kata Bupati.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan, Erfina Tarigan mengatakan, pihaknya akan segera menindaklanjuti instruksi Bupati terkait sosialisasi pelaksanaan vaksinasi dimaksud.

Erfina juga mengatakan, pihaknya melalui tenaga kesehatan mulai dari tingkat Desa/Kelurahan, Kecamatan sampai Kabupaten akan menginformasikan pelaksanaan vaksinasi itu pada masyarakat.

“Untuk menyampaikan informasi ke masyarakat tentang pelaksanaan vaksinasi Covid-19, kita akan instruksikan kepada tenaga kesehatan di masing-masing wilayah,” kata Erfina.

Dia juga mengatakan, sesuai petunjuk teknis (juknis) pelaksanaan vaksinasi diawali dengan tenaga kesehatan, termasuk para pejabat publik di Asahan. (Heru)