Pemkab dan Polres Tobasa Jalin Sinergitas Antisipasi Arus Mudik Lebaran

Kadis Perhubungan Pemkab Tobasa, Pargaulan Sianipar.

Tobasa, Lintangnews.com | Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Pemkab Toba Samosir (Tobasa), Pargaulan Sianipar menuturkan, akan dilakukan Operasi Ketupat untuk memberikan kenyamanan kepada pemudik saat liburan Lebaran tahun 2019.

“Pemkab Tobasa melalui Dinas Perhubungan (Dishub) bersama Polres Tobasa akan menjaga titik-titik rawan kemacetan, seperti Dermaga Ajibata dan objek wisata,” sebut Pargaulan, Senin (13/5/2019).

Ditambahkan Pargaulan, pelayanan penyeberangan disiapkan 2 rute di antaranya penyeberangan Ajibata-Tomok dengan Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Tao Toba I dan KMP Tao Toba II. Sementara rute Ajibata-Ambarita dengan KMP Ihan Batak.

“Untuk pelayanan penerbangan udara perintis bertambah 1 di Bandara Sibisa, dengan rute Ajibata-Gunung Sitoli, Nias setiap hari Jumat,” tuturnya.

Pargaulan menuturkan, sesuai hasil rapat yang diadakan di ruang staf ahli kantor Bupati, jika Operasi Ketupat 2019 akan dilakukan mulai tanggal 29 Mei hingga 12 Juni 2019 saat Idul Fitri 1440 H.

“Dalam pelaksanaan Operasi Ketupat, nantinya kita akan menurunkan 70 personil dan bantuan personil Sat Lantas Polres Tobasa untuk mengantisipasi, padatnya arus lalu lintas saat pasar tumpah di Ajibata, Porsea, Laguboti dan Balige,” kata Pargaulan. (asri)