Pemkab Simalungun Belum Audit Dana Penyertaan Modal PD Agromadear

Ilustrasi.

Simalungun, Lintangnews.com | Pemkab Simalungun belum melakukan audit terhadap penggunaan dana penyertaan modal kepada Perusahaan Daerah (PD) Agromadear

“Belum,” sebut Topot Saragih selaku Staf Ahli Bupati Simalungun bidang Administrasi dan Umum saat dikonfirmasi melalui telepon seluler, Senin (6/9/2021).

Seperti diketahui PD Agromadear sudah tidak beroperasi lebih kurang selama 8 terhitung sejak tahun 2013, namun akan diaktifkan kembali.

“Iya, ini lagi diberesi berkas-berkasnya,” kata Topot sembari berkilah, saat ini dana penyertaan modal itu sedang diaudit oleh akuntan publik independen.

Selain itu, dalam rangka pengaktifan kembali PD Agromadear, permohonan pinjam pakai gedung untuk kantor sudah diajukan kepada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Pemkab Simalungun.

“Namun belum ada tanggapan,” ujar Topot seraya membenarkan sudah mengajukan permohonan pinjam pakai gedung dan akan sebagai Pjs (Pejabat sementara) di PD Agromadear.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BPKAD Simalungun, Frans N Saragih melalui pesan singkat menyampaikan sepertinya kabar angin terkait pengaktifan kembali PD Agromadear.

“Coba ke Staf Ahli (Topot Saragih) lebih detail memahami,” sebutnya sembari kembali menyampaikan balasan untuk pengajuan pinjam pakai gedung belum diproses sampai saat ini.

Sebelumnya, salah eorang pejabat eselon IV Pemkab Simalungun mengungkapkan, bidang aset telah diperintahkan membuat draft pinjam pakai gedung untuk digunakan PD Agromadear.

“Ini karena PD Agromadear mau diaktifkan kembali. Perintah siapa lagi kalau bukan Bupati penguasanya. Tetapi bidang aset belum mau memproses. Takut mungkin nanti kena imbas karena dana penyertaan modalnya itu kan belum diaudit,” paparnya. (Zai)