Pemkab Simalungun Gelar Operasi Mata Katarak Gratis di RSUD Perdagangan

8
Bupati Simalungun, JR Saragih menegur sapa salah seorang warga yang telah menjalani operasi katarak.

Simalungun, Lintangnews.com | Bupati JR Saragih meninjau pelaksanaan operasi mata katarak gratis bagi masyarakat yang dilaksanakan Pemkab Simalungun bekerjasama dengan UPT Rumah Sakit Khusus Mata Provinsi Sumatera Utara dan Bands Ministries yang dilaksanakan di RSUD Perdagangan, Kecamatan Bandar, Jumat (26/4/2019).

Pemeriksaan awal (penjaringan) dilakukan mulai tanggal 2-5 April lalu di Puskesmas Tanah Jawa, Puskesmas Tiga Balata, Puskesmas Kerasaan dan RSUD Perdagangan.

Setelah dipastikan positif katarak, operasi a dilaksanakan pada 26-27 April di RSUD Perdagangan. Pada operasi kali ini, sebanyak 82 orang pasien akan dioperasi dan jumlah mata yang dioperasi sejumlah 127 mata.

JR Saragih menuturan, pelaksanaan operasi mata katarak ini diharapkan dapat membantu masyarakat kurang mampu untuk terbebas dari katarak dan meningkatkan kualitas hidupnya. Bupati juga menyampaikan terima kasih kepada tim medis dan RSUD yang  melakukan kegiatan operasi katarak.

“Mudah-mudahan dengan kegiatan seperti ini masyarakat dapat merasakan kehadiran pemerintah,” ujar Bupati.

Kegiatan operasi katarak mata gratis di RSUD Perdagangan yang dilaksanakan pihak Pemkab Simalungun.

Ditambahkan JR Saragih, Pemkab Simalungun 2 kali dalam setahun melakukan kegiatan operasi katarak yakni di RSUD Tuan Rondahaim Saragih dan RSUD Perdagangan.

“Pemkab Simalungun memiliki keterbatasan terutama dalam hal dokter spesialis untuk melakukan operasi. Namun atas kerjasama dengan berbagai pihak, sehingga kita mampu menghadirkan dokter-dokter spesialis yang berpengalaman untuk memberikan pelayanan bagi masyarakat,” tambahnya.

Hogia Samosir, warga Kota Tebingtinggi yang menemani orang tuanya usai menjalani operasi mata katarak, mengapresiasi pelayanan yang dilakukan Pemkab Simalungun ini. Menurutnya, mereka sangat terbantu dengan adanya operasi secara gratis.

“Terima kasih kami sampaikan kepada Bupati Simalungun yang telah membantu dengan adanya operasi katarak. Selama ini kami terkendala biaya untuk membawa orang tua melakukan operasi katarak,” ujarnya.

Katarak merupakan kekeruhan yang terjadi pada sebagian maupun keseluruhan lensa mata. Hal ini menyebabkan berkurangnya penglihatan dari penderita, karena keruhnya lensa mata membuat cahaya menjadi sulit mencapai retina. Kebanyakan faktor utama penyebabnya adalah usia dan resiko terbesarnya dapat menyebabkan kebutaan. (rel/zai)