Pemkab Tobasa Sosialisasi Pilkades di 105 Desa

Kegiatan sosialisasi Pilkades yang dilaksanakan Dinas PMD PPA Pemkab Tobasa.

Tobasa, Lintangnews.com | Pemkab Toba Samosir (Tobasa) melalui Dinas PMD PPA melakukan sosialisasi kepada 105 Desa yang akan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada tanggal 15 Desember 2019, yang digelar di Ruang Bali Data, lantai 4 kantor Bupati Tobasa, Senin (2/9/2019).

Menurut Kepala Dinas PMDPPA, Henry Silalahi, sosialisasi dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada perangkat, BKD, Kepala Desa (Kades) dan Pemerintah Kecamatan dalam mengkondisikan Pilkades di bulan Desember nanti, agar berjalan aman dan damai.

“Perlu melibatkan semua elemen di masyarakat desa agar Pilkades nanti tidak menjadi ajang perpecahan, misalnya karena beda pilihan terjadi keretakan didalam hubungan keluarga,” kata Henry.

Selanjutnya, pihaknya akan memberdayakan stakeholder terkait pengetahuan tentang pedoman serta aturan untuk pelaksanaan Pilkades. Sehingga para stakeholder dapat mensosialisasikan kepada masyarakat nantinya.

Mengingat Pilkades serentak nantinya akan dilaksanakan oleh 105 Desa di 15 Kecamatan di Tobasa, kemungkinan akan terjadi tingkat kerawanan, sehingga penting pencegahan sejak dini dengan melakukan sosialisasi.

“Selain melibatkan seluruh elemen masyarakat dan stakeholder, ibutuhkan tingkat pengamanan yang ekstra dari kepolisian Polres Tobasa dan Tentara Nasional Indonesia (TNI) agar berjalan dengan aman dan damai,” terang Henry.

Pihaknya berharap, pelaksanaan Pilkades nanti berjalan dengan baik, aman dan kondusif, serta menjunjung nilai demokratis yang sehat. “Selain itu, kita masyarakat Batak di Tobasa mempunyai pedoman dalam ikatan Dalihan Natolu, yakni hubungan batin yang kuat,” pungkasnya.

Kegiatan sosialisasi itu dihadiri Wakil Bupati Tobasa, Hulman Sitorus, Asisten Pemerintahan, Harapan Napitupulu, Asisten Administrasi Umum, Parulian Siregar, sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD), para Kades, perangkat Desa dan BKD. (asri)