Pemko Siantar Diminta Berantas Kos-Kosan Mesum 

Ketua PMKRI Kota Siantar, Alboin Samosir.

Siantar, Lintangnews.com | Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Cabang Siantar meminta kepada Pemko Siantar untuk memberantas kos-kosan mesum yang sudah menjamur di daerah itu.

“Kita meminta kepada Pemko agar segera memberantas kos-kosan mesum di kota ini, karena itu sangat meresahkan masyarakat dan mencoreng citra Siantar,” terang Ketua PMKRI Siantar, Alboin Samosir melalui pesan tertulisnya, Kamis (23/5/2019).

Alboin menyebutkan, selain menciptakan situasi yang kondusif dan nyaman di masyarakat, pemberantasan kos-kosan mesum juga membantu Pemko Siantar menertibkan kos-kosan illegal. Sekaligus juga mencegah peredaran barang-barang dan obat-obat terlarang seperti, narkoba, ganja dan lain sebagainya.

Kepada DPRD Siantar, Alboin menegaskan agar segera dibahas Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda)) untuk mengatur tentang kos-kosan.

“DPRD Siantar perlu membuat Perda tentang kos-kosan agar terjadinya ketertiban dan kedisiplinan kepada pengusaha atau pemilik kos-kosan serta penghuninya,” papar Alboin.

Ia mencontohkan di dalam regulasi itu akan diatur syarat dan ketentuan pembuatan kos, maupun untuk penghuni kos. Pihaknya berharap, melalui Peraturan Daerah (Perda) ini mampu mereduksi perilaku negatif yang dilakukan di kos-kosan.

“Melalui itu (Perda) dapat membantu kerja-kerja pemerintahan terutama dalam hal ini Satpol PP yang bertugas menegakkan Perda. Ini juga mampu menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) dalam hal restribusi atau pajak kos-kosan,” tutupnya. (elisbet)