Pemko Tebingtinggi Peringati Hari Lingkungan Hidup, Habitat dan Perumahan

Wali Kota Tebingtinggi, Umar Zunaidi Hasibuan saat melakukan pengguntingan pita.

Tebingtinggi, Lintangnews.com | Pemko Tebingtinggi memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Hari Habitat Sedunia dan Hari Perumahan Nasional Tahun 2018, Rabu (31/10/2018) bertempat di TPA Jalan Baja, Kota setempat.

Hadir dalam kegiatan itu, Wali Kota, Umar Zunaidi Hasibuan, Pj Sekda, Marapusuk Siregar, Kasub Denpom Tebingtinggi, Kakan Kemenag, mewakil DPRD, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat, Lurah, aktifis lingkungan serta para pelajar se Kota Tebingtinggi.

Umar Zunaidi menyampaikan, ketiga kegiatan itu sama pentingya, karena harus tau bahwa lingkungan hidup adalah merupakan bagian di mana tinggal, sehinga memerlukan satu lingkungan yang memiliki standar kesehatan yang cukup.

“Lingkungan hidup memerlukan dimensi ukuran bagaimana udara yang kita hirup oksigennya terjamin tidak tercemar. Lngkungan hidup mensyaratkan kepada kita bahwa air yang diminum juga sehat. Begitu juga dengan tanah yang bebas dari unsur-unsur logam lainnya yang dapat mengganggu kesehatan kita,” ujar Wali Kota.

Menurutnya, dengan Hari Lingkungan Hidup merupakan satu hari yang mesti disadari bahwa jika mau hidup sehat dengan menjaga lingkungan sebaik-baiknya, mengurangi tingkat polusi udara, air maupun polusi di daratan.

Selanjutnya mengenai Hari Habitat, Wali Kota mengajak semuanya untuk bersama-sama menjaga bahagian dari kehidupan manusia mulai dari hulu sampai ke hilir.

“Bagaimana kita menjaga habitat dari lingkungan hidup, yakni tidak boleh sembarangan untuk menggunakan lahan dalam pembangunan semua harus ada aturannya,” papar Umar Zunaidi.

Terkait Hari Perumahan Nasional, Wali Kota mengatakan, jika membangun rumah, maka bangun lah rumah yang layak huni, sehat dan memenuhi standar.

“Jangan lah membangun rumah yang atapnya berat sekali, sementara pondasinya tidak kuat. Bangun lah pondasi yang benar-benar kuat,” paparnya.

Acara dilanjutkan dengan pemberian penghargaan pemenang lomba tingkat Kota Tebingtinggi dalam rangka Hari Lingkungan Hidup Sedunia, pemberian bantuan rumah swadaya secara simbolis program BRS Tahun 2018 tahap II dan serah terima becak motor dari Dinas Lingkungan Hidup ke Kecamatan Rambutan. Selanjutnya pemberian penghargaan kepada perusahaan yang berwawasan lingkungan hidup. (purba)