Tebingtinggi Jadi Lokasi Pencanangan Baksos TNI-KKBPK-Kesehatan

Wali Kota Umar Zunaidi Hasibuan bersama FKPD saat memukul gong bersama.

Tebingtinggi, Lintangnews.com | Wali Kota Tebingtinggi, Umar Zunaidi Hasibuan bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) bersama-sama memukul gong menandai dimulai pencanangan Baksos TNI-KKBPK-Kesehatan yang akan berlangsung selama 6 bulan, Rabu (31/10/2018).

Kegiatan yang berlangsung di halaman Kantor Koramil 13/Tebingtinggi itu juga dihadiri Kepala Perwakilan BKBN Provinsi Sumatera Utara, Temazora Zega, Dandim 0204/DS Letkol Kav Syamsul Bahri, Kajari Tebingtinggi, M Novel, Kapolres, AKBP Sunadi, Wakil Ketua DPRD, Hazly Ashari Hasibuan, Ketua Pengadilan Negeri (PN) setempat, jajaran Danramil Kodim 0204-DS bersama Ketua KCK Kodim 0204/DS.

Umar Zunaidi menyampaikan, moment ini memiliki nilai yang strategis dalam rangka penguatan dan percepatan pencapaian sasaran program kependudukan, KB dan pembangunan keluarga agar tumbuh seimbang dengan daya dukung yang tersedia.

“Kegiatan ini akan menggerakan potensi di Tebingtinggi untuk dapat memberikan pengabdian dan pelayanan kepada masyarakat, khususnya dalam program KB dan kesehatan. Biasanya jika TNI dan Polri sudah ikut serta dalam sebuah program hasilnya akan menjadi yang terbaik,” sebut Wali Kota.

Diharapkan dalam momen ini, kegiatan TNI-KKBPK Kesehatan tahun ini pencapaian peserta KB baru terutama alat kontrasepsi jangka panjang dengan sasaran pasangan usia subur paritas rendah dapat terpenuhi dan bertkontribusi positif bagi penurunan angka kelahiran.

Disampaikan Umar Zunaidi, Tebingtinggi dalam urusan KB ini pernah berprestasi sampai ke tingkat nasional pada tahun 2015. Penghargaan diberikan Ibu Wakil Presiden Yusuf Kalla ketika itu. Dan prestasi tersebut juga bagian dari peran dari Kegiatan TNI-KKBPK.

“Kegiatan semacam ini terus dilakukan di Tebingtinggi. Untuk itu kami menyampaikan ucapan terima kasih pada Dandim 0204-DS, atas kegiatan ini selalu dilaksanakan di Koramil 13/Tebingtinggi,” papar Wali Kota.

Dikatakan Wali Kota, di Tebingtinggi saat ini di 5 kecamatan sudah dicanangkan Kampung KB sebagai tindak lanjut dari program nasional. Dirinya meminta pada Camat kiranya jangan hanya mencanangkanya saja, tetapi tindak lanjuti dengan program yang nyata dan sosialisasikan di tengah-tengah masyarakat.

Wali Kota juga menyampaikan, rencana kedepanya ibu-ibu KCK Kodim 0204/DS akan diajak kerja sama dalam pembuatan batik tradisonal Tebingtinggi yang saat ini sudah mampu menembus 3 nasional dalam Teknologi Tetap Guna (TTG) belum lama ini di Bali. Bahkan setelah 16 tahun pelaksanaan TTG Sumut tidak pernah masuk dan ini sebuah prestasi terbaik tidak saja bagi Tebingtinggi tetapi Provinsi Sumut.

“Untuk tahap pertama ini ibu-ibu KCK Kodim 0204/DS dahulu yang akan kami berikan pelatihan. Jika berkenan, berikutnya nantinya  ibu-ibu Bhayangkari Polres Tebingtinggi. Semua ini untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) sekalgus mendukung pertumbuhan ekonomi baik untuk keluarga maupun daerah,” sebutnya. (purba)