Pemko Tebingtinggi Peringati HUT Korpri, Hari Guru dan HKN

Wali Kota Tebingtinggi, Umar Zunaidi Hasibuan sebagai irup pada upacara yang berlangsung di Lapangan Merdeka.

Tebingtinggi, Lintangnews.com  | Pemko Tebingtinggi menggelar upacara peringatan HUT Korpri ke 47, Hari Guru atau PGRI 2018 dan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 45 yang dipimpin Wali Kota Umar Zunaidi Hasibuan selaku inspektur upacara (irup), Kamis (29/11/2018) di Lapangan Merdeka Kota setempat.

Hadir dalam upacara itu, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Asisten, Staf Ahli Pemerintahan, para Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat dan Lurah, dengan peserta upacara terdiri dari Aparatur Sipil Negara (ASN) dan guru.

Di awali sambutan HUT Korpri, Wali Kota menyampaikan amanat Presiden RI yang mengatakan selama 47 tahun, Korpri beserta seluruh jajaran ASN telah memberikan kontribusi besar terhadap masyarakat, bangsa dan negara. Korpri juga telah menjadi salah satu pengikat dalam memperkokoh persaudaraan dan persatuan nasional dalam keberagaman.

Dan atas peran-peran besar tersebut, atas nama negara dan seluruh rakyat Indonesia, Presiden menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya.

Selanjutnya sambutan Hari Guru dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Wali Kota mengatakan, bahwa tema Hari Guru Nasional Tahun 2018 adalah untuk meningkatkan profesionalisme guru menuju pendidikan abad XXI.

“Tema itu dipilih mengingat tantangan pendidikan di abad XXI semakin berat. Hal ini meniscayakan peningkatan profesionalisme menyangkut sikap mental dan komitmen para guru untuk selalu meningkatkan kualitas agar memiliki kompetensi sesuai perkembangan zaman,” sebut Umar Zunaidi.

Sehingga diperlukan guru yang profesional, serta mampu memanfaatkan kemajuan teknologi informasi yang supercepat untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar pada setiap satuan pendidikan dalam rangka mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dengan kompetensi global.

Sementara sambutan dari Ketua Umum PGRI, dikatakan dalam era revolusi industri 4.0, sistem pendidikan nasional dihadapkan pada tantangan yang amat kompleks. Karena itu, PGRI sebagai organisasi profesi juga ditantang agar mampu menggerakan guru, pendidik, dan tenaga kependidikan memberikan andil.

Terakhir Menteri Kesehatan (Menkes) dalam sambutannya yang dibacakan Wali Kota mengatakan, peringatan HKN tahun ini mengangkat tema ‘Aku Cinta Sehat’, dengan sub tema ‘Ayo Hidup Sehat, Mulai Dari Kita’. Menkes menuturkan, tema itu sejalan dengan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang menekankan pada kesadaran tiap individu untuk meningkatkan berperilaku hidup sehat.

“Melalui peringatan HKN saat ini, mari kita kobarkan semangat melayani, semangat menggerakkan, semangat untuk mampu menangkap aspirasi masyarakat, semangat memandirikan dan memberdayakan masyarakat dalam pencapaian derajat kesehatan yang setinggi-tingginya dimulai dari diri masing-masing,” papar Wali Kota. (purba)