Pemko Tebingtinggi Terima WTP dari BPK Perwakilan Sumut

Wali Kota Tebingtinggi, Umar Zunaidi Hasibuan menerima penghargaan WTP dari Kepala BPK RI Perwakilan Sumut, Vincentia Moli Ambar Wahyuni .

Tebingtinggi, Lintangnews.com | Wali Kota Tebingtinggi, Umar Zunaidi Hasibuan menerima penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sumatera Utara.

Penghargaan itu diserahkan Kepala BPK Perwakilan Sumut, Vincentia Moli Ambar Wahyuni atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2018, di gedung BPK Jalan Imam Bonjol Medan, Selasa (7/5/2019) kemarin yang juga dihadiri Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Edy Rahmayadi.

Dalam sambutanya, Gubsu menyampaikan, sebenarnya membuat laporan keuangan itu tidak rumit, asal jangan diakal-akalin.

“Kalau semua dijalankan atas dasar untuk kepentingan rakyat, pasti bulan Januari atau paling lama Maret sudah bisa menyampaikan laporannya,” kata Edy.

Gubsu menyatakan, tahun depan akan lebih baik dalam penyampaian LKPD dan bukan hanya sekedar mengejar penetapan WTP. “Mudah-mudahan ibu Kepala BPK  masih di sini dan kami akan buktikan hal tersebut,” sebut Gubsu.

Kedepannya Gubsu berharap dan tidak ingin ada lagi Bupati dan Wali Kota di Provinsi Sumatera Utara yang tersangkut masalah hukum. “Untuk itu bekerja lah dengan jujur dan sungguh-sungguh dalam mengelola keuangan daerahnya masing-masing,” kata Edy.

Isma Yatun selaku Anggota V BPK menyampaikan apresiasinya terhadap Pemerintahan Kabupaten/Kota, pimpinan BPK, dan pimpinan DPRD Kota dan Kabupaten atas kerjasama mewujudkan laporan keuangan yang transparan dan akuntable.

Sementara Umar Zunaidi secara khsusus menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada segenap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemko Tebingtinggi yang sudah berkerja keras dan bersungguh-sungguh menyiapkan laporan keuanganya, hingga akhirnya berbuah manis dengan menerima WTP.

Lanjut Wali Kota, meskipun WTP bukanlah tujuan akhir dari apa dilakukan, namun ini (WTP) dapat dijadikan motivasi dan semangat untuk mengelola keuangan kedepannya akan lebih baik lagi sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan.

“Kedepannya sesuai dengan harapan Gubsu, kita segenap Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemko Tebingtinggi dari mulai pimpinan sampai staf, harus bertekad dan berkomitmen bisa lebih sukses dari hari ini. Tidak saja hanya masalah penyiapan laporan keuangannya saja, tetapi juga laporan-laporan lainnya yang menjadi tanggungjawab Pemko Tebingtinggi. Kita ingin terbaik,” katanya.

LHP diberikan langsung oleh Isma Yatun bersama Ambar Wahyuni. Ada 5 Kabupaten dan 3 Kota di Sumut menerima penghargaan itu yakni, Kabupaten Humbang Hasudutan (Humbahas), Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Kota Gunungsitoli, Kota Sibolga, Kota Tebingtinggi, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Kabupaten Dairi dan Kabupaten Delisserdang. Dan ternyata baru Kabupaten Tapsel yang berhasil menerima status WTP sebanyak 5 kali berturut.

Umar Zunaidi menerima WTP didampingi Wakil Ketua DPRD, Hazly Asyari Hasibuan, Pj Sekda, Marapusuk Siregar, Asisten Umum, Kamlan Mursyid, Kepala BPKAD, Jeffri Sembiring dan Kabag Humas PP, Abdul Halim Purba. (purba)