Penemuan Limbah Ikan Busuk, Dinas LH Buat Laporan ke Polres Tobasa

Penemuan goni berisi ikan busuk setelah diangkat dari dasar Danau Toba, di Desa Sirungkungon.

Tobasa, Lintangnews.com | Pasca penemuan 8 goni plastik berisikan limbah ikan yang sudah membusuk di perairan Danau Toba, tepatnya di Desa Sirungkungon, Kecamatan Ajibata Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), Jumat (24/1/2019), membuat Kadis Lingkungan Hidup, Mintar Manurung langsung membuat pengaduan ke Polres Tobasa.

“Memang benar, penemuan 8 goni plastik berisikan ikan yang sudah membusuk ditemukan dari dasar Danau Toba, Desa Sirungkungon, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Tobasa. Sebagian ditemukan di areal PT Aquafarm Nusantara,” sebut Mintar Manurung, Jumat (25/1/2019).

Mintar menuturkan, setelah mendapat pengaduan masyarakat, jika di Perairan Danau Toba Desa Sirungkungon telah dibuang bangkai ikan, dengan dibungkus goni plastik. Pihak Pemkab Tobasa segera menuju ke lapangan bersama Polres Tobasa.

“Dibantu penyelam salah seorang warga, akhirnya berhasil mengangkat goni plastik ternyata isinya bangkai ikan yang sudah membusuk,” jelasnya.

Namun mereka belum bisa memastikan, pihak mana yang melakukan pembuangan bangkai ikan yang mencemari Danau Toba, sebelum ada pembuktian yang benar dan akurat.

“Biar lah Polres Tobasa melakukan penyidikan terhadap perbuatan pencemaran tersebut. Karena pihak Pemkab Tobasa melalui Dinas Lingkungan Hidup sudah melaporkan perkara ini ke Kepolisian,” paparnya.

Mintar menuturkan, pihaknya tidak bisa menuduh sembarangan, dan biar lah aparat penegak hukum yang membuktikan.

“Seperti kita ketahui negara kita negara hukum, menganut azas praduga tidak bersalah,” terang Mintar. (asri)