Pengendara Dihimbau Hati-Hati Melintas di Jalinsum Lumbanjulu

Tobasa, Lintangnews.com | Masyarakat Kecamatan Lumbanjulu, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) maupun pengguna jalan merindukan perbaikan Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) sepanjang lebih kurang 5 km mulai dari Jangga Dolok hingga depan kantor Koramil Lumbanjulu.

“Sebagai kawasan prioritas pariwisata, sudah tidak layak lagi kondisi Jalinsum yang parah. Artinya tidak ada daya tarik untuk wisatawan berkunjung ke Tobasa dengan jalan yang kupak- kapik,” sebut seorang warga Lumbanjulu, O Sirait, Minggu (24/2/2019).

Menurutnya, salah satu pendukung tujuan wisata itu adalah infrastruktur yang baik dan laik untuk pengguna jalan. Dengan kondisi jalan yang laik, membuat pengunjung wisata akan merasa nyaman melintas dan mengemudikan kendaraannya.

“Kita mempertanyakan sampai kapan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) dan Pemerintah Pusat mau memperbaiki jalan tersebut,” sebut Sirait.

Terpisah, salah seorang pengendara sepeda motor, S Manurung mengaku, akibat menghindari lubang di Jalinsum, dirinya hampir saja berkelahi dengan seorang supir mobil pribadi yang nyaris menabrak dirinya dari belakang.

Kerusakan badan jalan yang membahayakan para pengendara khususnya roda 2.

“Bagaimana saya tidak kesal, sudah tau jalan dipenuhi lubang, masih saja mobil pribadi itu melaju dengan kecepatan tinggi, apa pengemudinya tidak melihat ada lubang,” paparnya.

Dia mengaku, untuk kendaraan roda 2 jika melintasi lubang yang menganga dengan kecepatan tinggi bisa celaka. Menurutnya, pengendara mobil seharusnya mengerti dengan kondisi jalan, dan jangan hanya ingin menang sendiri terhadap pengendara roda 2.

Dirinya juga menghimbau setiap pengendara yang melintas sepanjang Jangga Dolok hingga kantor Koramil Lumbanjulu agar mengurangi kecepatan dan berhati-hati, khususnya mobil pribadi agar menghargai pengendara sepeda motor.

“Kita juga memohon agar jalan tersebut diperbaiki, sebab sudah banyak korban pengendara sepeda motor mengalami kecelakaan,” harap Manurung. (asri)